25 radar bogor

Kabupaten Bogor Rawan Bencana, Pj Bupati Sebut Bakal Lakukan Ini

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menegaskan akan terus berupaya mewujudkan wilayah Kabupaten Bogor, yang tangguh bencana.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menegaskan akan terus berupaya mewujudkan wilayah Kabupaten Bogor, yang tangguh bencana.

Ia menjelaskan program mitigasi bencana yang saat ini dilakukan, di antaranya mitigasi struktural dengan membangun tembok penahan tebing, perbaikan, dan penguatan bangunan.

Lalu melakukan mitigasi non struktural melalui pelatihan berbasis masyarakat, pembentukan relawan satgas Desa Tangguh Bencana, serta pelatihan kepada warga, termasuk di dunia pendidikan.

Baca juga: Dedie A Rachim Pastikan Logistik Korban Bencana di Kota Bogor Terakomodir

“Kami juga melakukan penanaman pohon, menyebarluaskan informasi di daerah bencana dan analisis pemetaan geologi dan hidrometeorologi sebagai wujud kesiapsiagaan bencana,” katanya.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bogor juga tengah menyusun beberapa dokumen bencana, seperti kajian risiko bencana, rencana penanganan bencana, rencana kontijensi pelatihan dan bimtek.

“Serta akan ada pembentukan desa tangguh bencana dan penguatan kelembagaan yang bekerja sama dengan forum pengurangan risiko bencana dan sejumlah kolaborasi lainnya,” ujarnya. (rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari