25 radar bogor

Berperan Tanggulangi Tuberkulosis, Otsuka Group di Indonesia Raih Penghargaan Exemplar Award

JAKARTA – RADAR BOGOR, PT Otsuka Indonesia dan PT Amerta Indah Otsuka yang merupakan anak perusahaan dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd. (Jepang) menerima Penghargaan Exemplar Award dari Ending Workplace Tuberculosis (EWTB).

Penghargaan bergengsi ini diumumkan bersamaan dengan momentum perayaan Hari Tuberkulosis Sedunia 2024, yang mana mengakui kontribusi luar biasa dari perusahaan seperti Otsuka untuk menanggulangi tuberkulosis (TBC) di tempat kerja.

Penghargaan Exemplar Award diberikan oleh EWTB kepada perusahaan-perusahaan terpilih yang telah menunjukkan upaya yang sangat berdampak dalam mengatasi tuberkulosis di tempat kerja yang menjadi kontribusi kasus TBC yang tinggi di Indonesia.

EWTB adalah inisiatif bersama yang didukung oleh Global Fund, Stop TBC Partnership, World Economic Forum dan lebih dari 40 perusahaan terkemuka lainnya.

Diluncurkan pada tahun 2020 untuk memperkuat dan memobilisasi peran sektor bisnis dalam mendeteksi, mengobati dan mencegah tuberkulosis di tempat kerja.

Sudarmadi Widodo – HCD & Corporate Communications Director Otsuka mengatakan, Tuberkulosis (TBC) masih menjadi salah satu penyakit menular penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Menurut data KEMENKES, ada lebih dari 1,000,000 (satu juta) orang hidup dengan TBC. Indonesia memiliki target untuk mengeliminasi TBC pada tahun 2030.

“Otsuka sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Kesehatan, menginisiasi program “Free TBC at Workplaces” sebagai wujud komitmen Otsuka sesuai dengan filosofi perusahaan yaitu Otsuka People Creating New Product for Better Health Worldwide. Program ini telah mendapat dukungan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Kesehatan,” tuturnya.

Untuk memenuhi syarat meraih penghargaan, organisasi/perusahaan harus menunjukkan komitmen jangka panjang dan kontribusi berkelanjutan terhadap penanggulangan dan pencegahan TBC di tempat kerja.

Otsuka Novel Products GmbH (ONPG) sebagai pusat pengendali program TBC di perusahaan telah memfasilitasi atas nominasi penghargaan tersebut.

ONPG bekerja erat dengan Otsuka Group di Indonesia dan afiliasi lainnya, serta memfasilitasi jejaring kesehatan global yang didedikasikan untuk menanggulangi TBC.

Lanjut Widodo, Indonesia merupakan negara dengan jumlah TBC kedua tertinggi di dunia, Otsuka Group di Indonesia memfokuskan perhatian untuk menanggulangi TBC di tempat kerja melalui program FREE Tuberculosis at Workplaces, sejak awal program pada Juli 2022 terdapat 31 mitra perusahaan yang telah bergabung untuk dideteksi/skrining TBC ke lebih dari 70.000 karyawan.

Hal ini menjadikan program tersebut sebagai salah satu program skrining TBC perusahaan terbesar di dunia.

Program ini juga menyediakan dukungan medis dan gizi bagi mereka yang dinyatakan positif TBC, menghubungkan mereka dengan layanan kesehatan PUSKESMAS dan konseling gizi untuk memastikan pasien TBC menerima asupan gizi yang baik dan segera pulih dan mencapai berat badan ideal.

“Saya sangat mengapresiasi Otsuka yang telah menginisiasi program FREE TBC at Workplaces, karena program ini telah berkontribusi untuk mengedukasi serta meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia mengenai TBC di tempat kerja, sehingga diharapkan dapat mengubah stigma negatif bagi para penderita TBC dan dapat mengurangi kasus TBC khususnya pada usia produktif. Saya berharap Otsuka terus secara konsisten melakukan dan memperluas program ini ke perusahaan-perusahaan lainnya”, ujar dr. Imran Pambudi – Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI.

“Selamat kepada Otsuka Group di Indonesia yang menerima penghargaan Exemplar Award (https://www.ewtb.org/exemplars). Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada Otsuka yang telah menunjukkan komitmen jangka panjang dan kontribusi berkelanjutan terhadap penanggulangan dan pencegahan TBC di tempat kerja”, terang Matt Oliver – Director of Ending Workplace TB

“Dengan adanya penghargaan Exemplar Award ini membuat Otsuka Group di Indonesia semakin semangat untuk membantu pemerintah Indonesia dalam mengurangi kasus TBC dan mengubah persepsi masyarakat terhadap TBC, sehingga penderita TBC yang telah pulih dapat hidup kembali normal tanpa adanya diskriminasi, serta terciptanya lingkungan kerja yang sehat dan terbebas dari TBC”, tutup Widodo.

Sebuah opini diterbitkan di World Economic Forum tentang pentingnya inisiatif kesehatan publik saat ini tersedia secara online: https://www.weforum.org/agenda/2024/03/tuberculosis-workplace-protection-business/
-selesai-

Tentang Free TBC at Workplaces
Program “Free TBC at Workplaces” sudah berjalan sejak Juli 2022 oleh Otsuka Group di Indonesia yang telah melakukan tracing dan screening awal.

Mereka yang terkonfirmasi positif TBC diberikan program pengobatan yang komprehensif. Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru dan disebabkan oleh bakteri dan Penyebarannya melalui udara ketika orang yang terinfeksi TBC batuk, bersin, atau meludah.

TBC dapat dicegah dan disembuhkan. Sekitar seperempat dari populasi global diperkirakan telah terinfeksi bakteri TBC, dan lima hingga sepuluh persen dari orang yang terinfeksi bakteri TBC pada akhirnya akan mengalami gejala dan mengembangkan penyakit TBC.

Tentang PT Otsuka Indonesia
PT Otsuka Indonesia didirikan pada tahun 1974 sebagai perusahaan di bidang industri farmasi yang merupakan anak perusahaan dari Otsuka Pharmaceutical Co.,Ltd., Jepang yang memproduksi dan memasarkan produk-produk obat diantaranya Cairan Infus/Injeksi dan Obat Etikal, maupun Produk Nutrisi untuk keperluan Medis Khusus serta Produk-produk Alat Kesehatan.

Tentang PT Amerta Indah Otsuka
PT Amerta Indah Otsuka yang berdiri sejak 1997 merupakan anak perusahaan dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang. Dengan produk POCARI SWEAT – minuman isotonik pengganti ION tubuh, SOYJOY – camilan sehat dari kedelai, ION WATER – minuman isotonik rendah kalori, ORONAMIN C – minuman bervitamin mengandung madu, dan FIBE MINI – minuman serat yang bantu penuhi kebutuhan serat harian. (*)

Editor : Yosep