25 radar bogor

Pemkot Pastikan Tak Gelar Mudik Gratis di Kota Bogor Pada Lebaran 2024

mudik gratis
Suasana Terminal Baranangsiang yang mulai dipadati pemudik. Pada Lebaran 2024 Pemkot Bogor tak menggelar mudik gratis. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor menyatakan tidak akan menyelenggarakan program mudik gratis pada momen Lebaran tahun 2024 ini.

Baca Juga : 100 Ribu Warga di Kota Bogor Diprediksi Pulang Kampung Saat Lebaran 2024

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Marse Hendra Saputra. Ia juga menyebut pihaknya belum menerima informasi terkait CSR mudik gratis di tahun ini.

“Pelaksanaan mudik gratis dilaksanakannya oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Ada beberapa titik yang terdekat ada di Kabupaten Bogor,” ujarnya pada Rabu (20//3/2024).

Marse mengungkapkan, program mudik gratis biasanya juga dilakukan oleh beberapa organisasi secara mandiri. Namun hingga Rabu (20/3/2024) pihaknya belum menerima informasi resmi mengenai hal tersebut.

Meski demikian, Marse mengatakan pihaknya akan tetap melakukan ramp check di titik keberangkatan mudik seperti di Terminal Baranangsiang dan beberapa pool bus.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim memprediksi akan ada 100 ribuan orang warga yang berdomisili di Kota Bogor mudik ke kampung halaman di momen Idul Fitri tahun 2024.

Dedie juga memperkirakan akan ada 150 ribuan orang warga yang selama ini merantau, datang kembali ke Kota Bogor untuk pulang kampung di momen Lebaran 2024 mendatang.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Dedie mengatakan Pemerintah Kota Bogor akan berkerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mempersiapkan Terminal Baranangsiang.

Baca Juga : Terminal Baranangsiang Bertahun-tahun Tak Ada Perubahan, DPR RI : Seharusnya Malu!

“Sebetulnya untuk mudik ada beberapa moda yang bisa jadi pilihan, seperti bus ataupun kereta. Secara umum, BPTJ sudah mempersiapkan dengan baik fasilitas untuk mudik maupun arus balik di Terminal Baranangsiang yang akan menjadi tempat keluar masuk pemudik,” ujarnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep