25 radar bogor

Jadi Pemantau Pemilu Presiden Rusia, Fadli Zon : Teknologi Tinggi, Pemilunya Demokratis

Fadli Zon
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon saat menjadi Observer Internasional Pemilu Presiden Rusia 15-17 Maret 2024 di Moskow, Rusia. 

MOSKOW-RADAR BOGOR, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menjadi Observer Internasional Pemilu Presiden Rusia 15-17 Maret 2024 di Moskow, Rusia. Selain Fadli Zon, hadir Putu Supadma Rudana ikut sebagai Pemantau Internasional proses demokrasi di Rusia itu.

Baca Juga : Berpotensi Kehilangan Pemasukan Pajak 56 Juta Dollar, Fadli Zon Minta Parlemen Global Konsen Isu Perdagangan

Kehadiran delegasi BKSAP DPR RI dalam rangka memenuhi undangan dari Komisi Pemilihan Umum Rusia dan Parlemen Rusia. Fadli Zon berkesempatan menyaksikan secara langsung proses pemilihan presiden Rusia di beberapa TPS, antara lain TPS nomor 410, 453, 4563 dan 3532 yang terdapat di kota Moskow.

Pada kesempatan tersebut, Ketua BKSAP DPR RI juga mendapatkan penjelasan mengenai metode pemilihan yang terdiri dari tiga cara yaitu; manual dengan mencontreng pilihan pada kertas suara, elektronik dengan menggunakan gawai yang disediakan, serta online yang bisa dilakukan dimana saja tanpa harus datang ke Polling Station.

Disamping itu, bagi warga Rusia yang lanjut usia, petugas pemilihan akan berkeliling ke rumah-rumah dengan membawa kotak suara keliling. Kotak suara juga terbuat dari material plastik transparan namun tebal, yang dilengkapi sensor sehingga kertas suara dapat langsung dihitung dan pilihan warga bisa terlihat dengan cukup jelas.

“Ini menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi di Rusia. Bahwa berbeda pilihan itu biasa saja. Dengan dukungan teknologi tinggi tingkat kecurangan bisa ditekan dan ini berarti pemilunya semakin demokratis. Tak seperti yang dicitrakan selama ini,” tutur Fadli Zon dalam wawancara dengan media nasional Rusia.

Sebagaimana diketahui, pada pemilihan presiden Rusia kali ini terdapat 4 kandidat calon presiden. Vladimir Putin sebagai inkumben yang dicalonkan kembali oleh Partai Rusia Bersatu, Vladislav Davankov dari Partai Rakyat Baru, Leonid Slutsky dari Partai Liberal, serta Nikolai Kharitonov dari Partai Komunis. Dari exit poll dan quick count Putin unggul di atas 80 persen.

Disela-sela kegiatan sebagai observer, Ketua BKSAP Fadli Zon juga melakukan courtessy call dengan Wakil Ketua Senat Rusia H.E. Ilyas Umakhanov. Ilyas Umakhanov adalah Wakil Ketua Senat sekaligus amirul haji Rusia.

Baca Juga : Wah, Parlemen Asia Siapkan Misi Khusus Untuk Rakyat Palestina, Fadli Zon Komandannya

Pada hari kedua, delegasi DPR melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Ketua Senat Rusia H.E. Konstantin Kosachev. Pertemuan membicarakan mengenai peran parlemen dalam meningkatkan hubungan bilateral dan persahabatan kedua negara yang selama ini telah terjalin dengan baik. (*)

Editor : Yosep