25 radar bogor

Tips Lancar Public Speaking Untuk Kamu Si Anak Introvert

Razita Larasati, Mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi, IPB University

Apakah kamu memiliki kepribadian yang introvert? Kalau kamu termasuk tipe orang yang introvert, apakah kamu terkadang merasa kesulitan dalam berkomunikasi dan berbincang dengan orang lain?

Jika iya, mari kita bahas seputar tips lancar public speaking untuk kamu si anak introvert.

Introvert merupakan salah satu dari tipe kepribadian yang ada pada diri manusia. Seseorang yang mempunyai kepribadian introvert cenderung akan lebih fokus kepada pikiran dan perasaannya dibandingkan dengan dirinya sendiri.

Anak introvert selalu nyaman dalam kesendiriannya. Karena pada dasarnya seorang introvert akan terus memusatkan hidup nya dan segala sesuatu yang sedang dijalani nya kepada dirinya sendiri.
Seorang introvert jelas sangat menyukai ketika mereka melakukan segala sesuatu sendiri dan menghindari hal-hal yang membuat mereka gugup. Seorang introvert sangat menghindari yang namanya keramaian.

Kepribadian seorang introvert inilah yang membuat mereka cenderung lebih malu, suka menyendiri, mengerjakan tugas sendiri, dan menghindari keramaian di tempat umum, agar tidak menjadi pusat perhatian.

Karena pada dasarnya seorang introvert tidak menyukai menjadi sebuah pusat perhatian.

Meskipun sebenarnya tidak semua anak introvert bersikap menutup diri dan tidak menyukai keramaian. Tetapi sebagian dari mereka yang mempunyai kepribadian introvert memang memiliki kecenderungan untuk lebih suka menghabiskan waktu dan tenaga dengan dirinya sendiri.

Seorang introvert akan merasa energinya terkuras jika berada di luar dari zona nyaman nya yaitu kesendirian dan ketenangan. Ada juga beberapa kondisi yang secara tidak sadar akan membuat seorang introvert “menjauhkan” dirinya, seperti adanya keramaian saat pesta pernikahan, kumpul keluarga besar, presentasi di depan kelas, berkenalan dengan orang baru, kerja kelompok di sekolah, dan perbincangan ataupun bentuk komunikasi verbal lainnya.

Oleh karena itu, kadang-kadang introvert suka bersifat pasif dan tidak berani untuk mengangkat suaranya dalam hal-hal seperti itu.

Walaupun begitu, seorang introvert bukan berarti antisosial ya. Mereka juga mempunyai dan menikmati hubungan baik dengan orang lain dan bersosialisasi, tapi bagi seorang introvert ada sebuah tingkat toleransi yang berbeda dimana sosialisasi itu membuat mereka merasa nyaman.

Introvert akan terus bersosialisasi secara terus-menerus dengan beberapa orang yang dianggap membuatnya nyaman.

Menjadi seorang introvert bukan sebuah alasan seseorang tidak bisa melakukan public speaking dengan baik. Public speaking bisa dipelajari oleh siapapun termasuk juga para introvert.

Bahkan seorang ekstrovert ataupun ambivert juga belum tentu bisa berbicara didepan umum dengan baik. Bagi seorang introvert yang ingin menguasai kemampuan public speaking maka harus rajin melakukan latihan dan membiasakan diri untuk membangun keberanian dan rasa percaya diri.

Sebenarnya ada gak sih cara untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan public speaking bagi seorang introvert? Bagi kamu yang introvert, yuk kita lihat 5 tips dibawah ini!

  1. Persiapkan Semua Dengan Baik Untuk Menghindari Kesalahan Dalam Berbicara

Persiapan yang matang merupakan kunci sukses bagi introvert dalam melakukan public speaking. Usahakan untuk merancang terlebih dahulu materi yang akan kamu bawakan ke

depan umum secara mendalam. Serta kenali apa tujuan kamu melakukan public speaking, buatlah kerangka yang jelas, dan kumpulkan banyak informasi sebelum memulai berbicara di depan umum.

Hal ini dapat mengurangi tingkat kesalahan yang akan kamu buat dan dapat menguatkan pemahaman pada dirimu, serta akan meningkatkan rasa percaya diri saat presentasi di depan banyak orang.

  1. Jadilah Dirimu Sendiri dan Tetap Fokus Dengan Apa yang Ingin Kamu Sampaikan

Fokuslah pada apa yang akan kamu sampaikan. Pelajarilah dengan cermat tema utama yang akan kamu bawakan saat presentasi nanti agar pesan yang kamu sampaikan dapat diterima dengan baik oleh orang lain.

Hindari menjadi sempurna, sikap yang berlebihan akan membuatmu menjadi bingung, maka berusahalah untuk menjadi dirimu sendiri dan gunakanlah kata-kata yang jelas dan gambaran kuat. Dengan mempertahankan fokus, pesan akan lebih mudah dipahami oleh pendengar.

  1. Hindari Perasaan Cemas dan Khawatir Dalam Dirimu

Cemas sebelum berbicara di depan umum adalah hal yang wajar terjadi, terutama bagi seorang introvert.

Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara seperti melakukan teknik relaksasi seperti nafas secara mendalam, meditasi sejenak, atau melihat hal-hal yang indah di mata. Kegugupan juga dapat diatasi dengan latihan secara teratur.

Dengan begitu rasa cemas yang sebelumnya ada pada dirimu dapat berkurang.

  1. Ketahui Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dalam Dirimu

Bagi kamu yang memiliki kepribadian introvert, kenali terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

Cobalah untuk dapat menggali lebih dalam kemampuan pada dirimu. Dengan belajar memanfaatkan kemampuan untuk mendengarkan, berfikir secara mendalam akan dapat meningkatkan kemampuan public speaking pada dirimu.

Asahlah kelebihan yang kamu miliki dan jangan terfokus terhadap kekurangan pada dirimu. Maka hal itu akan membuatmu menjadi lebih berani, siap dan percaya diri saat tampil di depan umum.

  1. Meminta Saran dan Masukan Dari Mentor Terbaikmu

Dalam dunia public speaking sangat penting untuk memiliki mentor, walaupun pada dasarnya kamu dapat belajar secara otodidak melalui sumber belajar yang ada saat ini seperti buku dan internet.

Namun, akan lebih baik jika kita memiliki mentor atau orang yang berpengalaman dalam hal berbicara di depan khalayak umum.

Memiliki mentor berguna dalam melatih bagaimana berbicara di depan umum yang baik dan benar. Mentor juga dapat memberikan saran dan masukan yang berguna untuk meningkatkan kemampuan public speaking pada dirimu.

Berdasarkan paparan di atas terkait tips lancar public speaking untuk kamu yang introvert, kita dapat mengambil sisi baik dari seorang introvert dan meninggalkan sisi buruknya.

Seorang introvert pun tetap bisa lancar dalam public speaking. Dengan terus berusaha untuk mengasah keterampilan yang kamu miliki maka akan lebih memudahkan mu dalam berbicara didepan orang banyak.

Banyak nya tokoh dunia yang merupakan introvert pada akhirnya dapat dijadikan sebagai acuan bahwa seorang introvert bisa berada di titik sukses dan mempunyai keterampilan public speaking yang baik.

Untuk itu jangan takut untuk terus mencoba hal baru. Terus asah kemampuan yang kamu miliki dan jangan lupa terapkan tips di atas untuk kamu yang ingin lancar public speaking. Semoga membantu ya.