25 radar bogor

Pemkab Bogor Siap Tampung Warga Pindahan, Asalkan Ada Syarat ini

Ilustrasi Pemkab Bogor siap tampung warga pindahan dari Jakarta
Ilustrasi Pemkab Bogor siap tampung warga pindahan dari Jakarta

CIBINONG – RADAR BOGOR, Pemkab Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sedang mendata warga Jakarta yang tinggal di Bogor. Hal itu terkait rencana Pemerintah DKI Jakarta menonaktifkan nomor induk warganya yang bertempat tinggal di luar wilayah.

Baca Juga : Curanmor Bersenpi Ancam Warga Metland Cileungsi Bogor, Sempat Lepaskan Tembakan

Pemkab Bogor siap memproses kepindahan identitas kependudukan masyarakat yang terancam dibekukan di DKI Jakarta, hal tersebut baru bisa dilakukan bilamana ada hibah dari kota asal seperti blangko KTP dan atribut pendukung lainnya.

“Ya intinya pemerintah DKI akan menonaktifkan nomor induk kependudukan yang bertempat beralamatkan Jakarta tapi tidak bertempat tinggal di Jakarta,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Hadijana ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (15/3/2024).

Hadijana, memprediksi bahwa Kabupaten Bogor akan menjadi wilayah penampung terbanyak. Namun hingga saat ini pihaknya belum menerima jumlah pasti dari masyarakat yang terdampak tertib administrasi itu.

“Kami belum mendapatkan informasi jumlahnya berapa, dan mereka pun kesulitan untuk mendeteksi berapa sih sebenarnya yang KTP Jakarta, tetapi bertempat tinggal di luar jakarta atau sebaliknya,” kata Hadijana.

Selain itu pihaknya akan mensosialisasikan melalui camat, kepala desa untuk menginformasikan kepada warganya yang masih ber-KTP Jakarta agar segera mengurus kepindahannya.

“Selain itu, minta surat keterangan pindah WNI dari Jakarta ke Kabupaten Bogor, nanti setelah itu kita akan proses,” tambahnya.

Namun emkab Bogor khususnya Disdukcapil hingga saat ini masih menunggu pengiriman blangko, tambahan dari DKI Jakarta untuk memproses masyarakat yang melakukan kepindahannya.

Baca Juga : Tawuran Perang Sarung, 12 Siswa SMK di Cileungsi Bogor Ditangkap Polisi

“Makanya nanti untuk pencetakan KTP fisiknya itu kan sesuai blangko ya, kalau dari Jakarta sudah siap (menghibahkan) nanti kita cetak, tapi sekarang kan sudah ada digital ya, jadi KTP cukup digital dulu gitu,” katanya. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep