25 radar bogor

Musim Hujan, Jalan Pancawati Bogor Makin Horor, Motor Sampai Terbelah

Pancawati
Salah satu dokumen warga saat motor terbelah akibat nabrak lubang di Jalan Pancawati.

CARINGIN-RADAR BOGOR, Motor seorang warga terbelah dua usai menabrak lubang di Jalan Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Kondisi itu sudah sering terjadi di sana.

Baca Juga : Demi Jalan Cikereteg-Pancawati Mulus, Warga Bogor Ini Rela Bangunannya Dibongkar

Jefri salah satunya. Warga Pancawati itu sudah sering melihat motor terbelah dua di jalan itu. Ia menyimpan banyak foto kecelakaan yang terjadi di Jalan Pancawati dalam galeri gawainya.

Tidak sedikit pula pengguna sepeda motor yang masuk rumah sakit akibat kendaraannya menghantam lubang jalan.

“Kecelakaan sering, sampai motor terbelah dua ada di sini, yang masuk rumah sakit banyak,” katanya kepada Radar Bogor Kamis (14/3/2024).

Pria yang juga merupakan tokoh masyarakat Caringin itu mengatakan, kondisi Jalan Pancawati makin horor saat musim hujan tiba. Jalan berubah menjadi aliran sungai. Kendaraan tak tak bisa banyak bergerak.

“Kalau hujan, kayak sungai saja. Horor. Apalagi kalau malam itu pasti ada yang jatuh atau terpeleset,” paparnya.

Ia meminta agar jalan tersebut segera diperbaiki. Kata dia, jalan yang rusak saat ini membentang sepanjang 3 kilometer. Ia meminta PJ Bupati Bogor turun tangan, datang dan melihat langsung kesulitan warga Pancawati. “Buat PJ bupati bisa lihat langsung, bagaimana susahnya warga di sini,” tuturnya.

Kondisi jalan rusak bak sungai di Pancawati ini juga membuat mobilitas warga terganggu. Aktivitas pendidikan, pertanian dan mobilisasi warga terbatas.

“Kasian warga di sini. Warga disini sudah sering melakukan aksi unjuk rasa namun tidak kunjung ada perubahan,” tuturnya.

Iapun mengatakan, pariwisata di sana pun terganggu. Padahal, kata dia potensi wisata di Pancawati itu sangat besar. Seharunya bisa dimanfaatkan betul oleh pemerintah untuk meningkatkan PAD.

Namun dengan kondisi jalan yang rusak seperti ini, kunjungan wisatawan menurun. Mereka malas untuk datang berlibur karena jalan yang rusak. “Jadi juga ini berpengaruh pada PAD. Kalau jalan bagus, PAD pasti meningkat,” tuturnya.

Baca Juga : Ada Pohon Tumbang di Gadog Bogor, Tutup Jalan Raya Puncak

Hal senada dikatakan Yanti warga pancawati lainya. Ia mengaku tersiksa dengan jalan rusak di Pancawati. “Kalau sudah hujan, sudah seperti berkendara di sungai,” paparnya. “Kami harap segera ada perbaikan. Jangan nunggu makin banyak korban,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Redaktur : Yosep