25 radar bogor

Saksi Kunci Kebahagiaan Sejenak Ada di Pantai Sawarna

RADAR BOGOR-Libur Panjang selama 4 hari yaitu jatuh di tanggal 8, 9, 10, 11 Februari 2024 seperti anugerah apalagi bagi para mahasiswa, karena ditanggal ini saya sendiri sebagai mahasiswa memanfaatkan momen libur ini untuk healing.

Seperti yang di ketahui Kamis, 8 Februari 2024 adalah libur nasional Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H, Jumat, 9 Februari dan Sabtu, 10 Februari 2024 Cuti Bersama Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili. Serta bonus di hari Minggu tanggal 11 Februari 2024. Tujuan utama yang terlintas di untuk mengahabiskan waktu libur adalah Pantai.

Pantai Sawarna menjadi tujuan yang cocok dipilih karena Pantai Sawarna adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Jawa Barat. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami, dengan pasir putih yang bersih, air laut biru yang jernih, dan ombak yang besar.

Tidak hanya itu Pantai sawarna juga memmpunyai objek wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Destinasi yang tidak boleh di lewatkan salah satunya adalah Tanjung layar, Pantai Tanjung layar ini adalah sebuah tebing yang berbentuk layar kapal, tebing karang yang kokoh menjulang tinggi, dikelilingi laut biru jernih dan hamparan pasir putih.

Para pengunjung bisa mendaki tebing dan menikmati panorama laut yang luar biasa. Tak lupa, untuk mengabadikan momen indah dengan foto-foto yang instagramable.

Petualangan baru saja dimulai setelah mengunjungi Pantai Tanjung layar ada salah satu Pantai yang terkenal dengan ombaknya yang menantang. Bagi pecinta surfing, tempat ini adalah surga bagi di Pantai ini disediakan untuk menyewa papan selancar dan bisa mencoba menaklukkan ombak.

Meskipun tak selalu berhasil, rasa puas dan adrenalin yang terpacu tak tergantikan. Bagi yang tak ingin berselancar, bersantai di tepi pantai sambil menikmati kelapa muda segar tak kalah menyenangkan selain itu sunset di Pantai legon pari sangat indah dan menyegarkan mata serta menjernihkan pikiran.

Rasanya satu hari saja tidak cukup untuk menjelajahi indahnya objek wisata yang ada di Pantai sawarna, jika menyukai keindahan bawah laut, Karang taraja menjadi pilihan tepat untuk snorkeling trip. Menjelajahi terumbu karang yang masih terjaga keasriannya.

Beribu jenis ikan berwarna-warni berenang bebas di antara terumbu karang, menciptakan pemandangan yang menakjubkan, disini kita bisa bermain-main dengan satwa air.

Terakhir yang tidak boleh terlewatkan dari Pantai sawarna adalah Coral Coast Bereum. Pantai dengan hamparan karang mati yang unik. Berjalan di atas karang mati ini terasa seperti berada di atas permukaan bulan.

Pemandangannya tak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya di Sawarna. Kondisi Pantai ini seperti karang yang membentuk benteng, tetapi jangan khawatir karena Pantai ini relatif aman untuk sekedar bermain air, tetapi tetap harus berhati-hati dengan batuan karang yang terendan oleh air. Selain itu objek wisata Coral Coast Bereum ini cocok dikunjungi sebelum matahari terbit, karena Pantai ini menyajikan sunrise yang sangat memanjakan mata.

Sawarna bukan hanya Sekedar Pantai, Pantai Sawarna tak hanya menawarkan keindahan alam yang luar biasa, tapi juga keramahan penduduk lokal dan kearifan lokal yang masih terjaga. Banyak destinasi dan kuliner khas Sawarna yang lezat, seperti ikan bakar dan nasi liwet, serta belajar tentang budaya lokal dari penduduk setempat.

Pengalaman ini memperkaya liburan penulis tersendiri dan meninggalkan kesan mendalam. Pantai Sawarna adalah destinasi wisata yang sempurna bagi para pecinta alam, petualangan, dan budaya. Keindahan alamnya yang masih alami, keramahan penduduk lokal, dan kearifan lokal yang masih terjaga menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi.

Hal ini juga banyak disetujui oleh orang-orang yang sudah mengunjungi Pantai Sawarna beserta beberapa objek wisata yang ada. (*)

Penulis: Regita Aura M
Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University

Editor : Yosep