25 radar bogor

HeHa Waterfall Cisarua Bogor Longsor, Manajemen Sebut Murni Bencana Alam

Heha Waterfall Cisarua longsor
Lokasi longsor di area Wisata HeHa Waterfall Cisarua, Senin (11/3/2024).

CISARUA – RADAR BOGOR, Pihak manajemen HeHa Waterfall buka suara terkait peristiwa longsor yang terjadi pada Senin (11/3/2024) kemarin.

Baca Juga : Longsor di Cisarua Bogor, Dua Karyawan HeHa Waterfall yang Tengah Memasak Tertimbun

Menurut General Manager Heha Waterfall, Dede Andri, longsor tersebut terjadi karena murni disebabkan oleh bencana alam.

“Tidak dikarenakan kelemahan struktur bangunan, kesalahan internal, atau human error,” ucapnya kepada Radar Bogor, Selasa (12/3/2024).

Pihaknya juga memastikan longsor yang terjadi di lokasi wisatanya Desa Cibereum, Kecamatan Cisarua itu tidak memakan korban jiwa.

Namun dua korban reruntuhan longsor merupakan karyawan HeHa Waterfall yang sudah terevakuasi dan tengah dirawat untuk luka-luka ringan.

“Area longsor hanya sebagian kecil di area gudang dan tidak di area wisata dan pengunjung. Area yang terdampak longsor dalam kondisi diisolasi dan diamankan dan akan dimulai proses perbaikan segera,” jelas Dede.

Untuk sementara, lanjutnya, wisata HeHa Waterfall ditutup demi keamanan dan perbaikan. “Kami antisipasi perbaikan akan memakan waktu 3-5 hari. Re-opening akan diumumkan melalui press release dan sosial media resmi kami,” tukasnya.

Sebelumnya, sebanyak dua orang tertimbun reruntuhan longsor di tempat wisata HeHa Waterfall, Desa Cibereum, Cisarua. Beruntung, keduanya selamat namun musti dilarikan ke RSPG Cisarua lantaran mengalami luka serius.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani mengatakan, peristiwa longsor itu terjadi sekira pukul 07.45 WIB pada Senin (11/3/2024).

“Disebabkan hujan dengan intensitas tinggi di wilayah tersebut menyebabkan tebingan belakang dapur longsor dengan ukuran panjang kurang lebih 10 meter, tinggi 20 meter,” ucapnya.

Pada saat kejadian, kata Adam, kedua korban tengah memasak di tempat tersebut. Sehingga mereka tertimbun reruntuhan longsor.

Petugas pun bersama dengan warga yang berada di lokasi segera mengevakuasi kedua korban. Keduanya diketahui selamat namun harus mengalami luka serius pada bagian kaki.

Baca Juga : Jalan di Cisarua Bogor Longsor, Satu Orang Tertimbun

“Korban atas nama Rizal (23), dan Doni (21), keduanya merupakan warga Cisarua, kedua korban telah dievakuasi dengan keadaan selamat dan dilarikan ke rumah sakit RSPG Cisarua,” tandasnya. (cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep