25 radar bogor

Georgian Marcello Pebisnis Muda Sukses Sekaligus Ketua Forum Ekraf Kota Bogor yang Menginspirasi para Masyarakat Kota Bogor

Intan Putri Nurferdiany
Mahasiswi Program Studi Komunikasi Digital dan Media
Sekolah Vokasi IPB University

Georgian Marcello, atau akrab disapa Jorji, lahir pada tanggal 20 Juni 1992, ia merupakan sosok yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Bogor. Pria ini bukan hanya seorang pengusaha sukses sebagai pemilik usaha Handayani Batik Geulis, tetapi juga merupakan salah satu tokoh utama di balik keberhasilan Reka Bogor – Forum Ekonomi Kreatif Kota Bogor Dengan dedikasi dan semangatnya, Jorji telah menginspirasi banyak individu dan membawa perubahan positif bagi masyarakat bogor dengan tujuan merealisasikan visi dari Reka Bogor – Forum Ekonomi Kreatif Kota Bogor yaitu menjadikan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian Kota Bogor dan Kota Bogor sebagai kota kreatif UNESCO.

Pendidikan formal Jorji mencerminkan minatnya yang mendalam dalam seni kreatif dan bisnis. Ia menyelesaikan gelar sarjana di Universitas Trisakti, jurusan Fakultas Seni Rupa dan Desain pada tahun 2014. Setelah itu, Jorji melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Indonesia, mengambil jurusan Manajemen Bisnis pada tahun 2019. Kombinasi antara pemahaman mendalam tentang seni dan desain dengan pengetahuan bisnis telah membekali Jorji dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin di bidang ekonomi kreatif.

Minat Jorji terhadap organisasi dan komunitas sudah terlihat sejak usia muda. Bahkan sejak sekolah menengah atas, Jorji telah aktif dalam organisasi seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Namun, minatnya tidak terbatas pada kegiatan sekolah saja. Jorji juga terlibat dalam berbagai komunitas, termasuk Komunitas Pecinta Hewan Reptil Buitenzorg dan Komunitas Hewan lainnya. Di dalam komunitas-komunitas tersebut, Jorji tidak hanya menjadi anggota, tetapi juga aktif dalam kegiatan edukasi, menunjukkan ketertarikannya dalam mempelajari hal-hal baru dan juga membagikannya kepada orang lain.

Pada tahun 2019, Jorji mendapat undangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti pelatihan pengelolaan kreatif. Ini menjadi titik awal pembentukan Reka Bogor – Forum Ekonomi Kreatif Kota Bogor, sebuah forum yang bertujuan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Bogor. Sebagai salah satu dari 12 pendiri, Jorji dan timnya bekerja keras untuk membangun jejaring dan memberdayakan lebih dari 600 pelaku ekonomi kreatif di kota mereka. Mereka mengorganisir berbagai acara dan program, termasuk Rekayasa Pasar Kreatif dan Gebyar Ekonomi Kreatif, serta aktif dalam media sosial untuk meningkatkan visibilitas bagi pelaku ekonomi kreatif di Kota Bogor.

Salah satu pencapaian Jorji dengan tim Reka Bogor – Forum Ekonomi Kreatif Kota Bogor berhasil membuat konten Kabar mereka, Rekam gerak, dan Profil mereka untuk mempromosikan para pelaku ekonomi kreatif secara visual dan kekinian di sosial media Reka Bogor – Forum Ekonomi Kreatif Kota Bogor. Selain itu Jorji dengan timnya mempunyai sebuah pencapaian yang besar pada tahun 2023 yaitu membuat penyelenggaraan sayembara menciptakan maskot Kota Bogor pada tahun 2023. Dengan melibatkan masyarakat dalam proses ide kreatif, mereka berhasil menciptakan maskot yang menjadi simbol kebanggaan bagi warga Bogor. Tidak hanya itu, pada akhir tahun 2023, Jorji turut mendampingi Walikota Bogor, Bima Arya, untuk meresmikan Galeri Bumi Parawira karena untuk bumi parawira merupakan sebuah hasil kolaborasi elemen hexahelix kota bogor. Galeri ini menjadi tempat untuk memamerkan berbagai karya dari 17 subsektor ekonomi kreatif, seperti film & animasi, arsitektur, dan lain-lain. Keberadaan galeri ini menjadi bukti nyata kontribusi REKA Bogor dalam mengangkat potensi kreatif Kota Bogor.

Saat ini, Jorji juga baru akan memulai mengelola galeri bumi parawira di perpustakaan Kota Bogor. Melalui kegiatan ini, mereka tidak hanya memamerkan karya-karya inspiratif, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelaku ekonomi kreatif untuk memperluas jaringan dan meningkatkan eksposur mereka.

Galeri bumi parawira ini berhasil menggemparkan masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya karena memiliki banyak spot instagramable dan aestetik, sehingga menjadi tempat untuk rekreasi sekaligus edukasi secara gratis untuk seluruh masyrakat.

Selain kontribusinya dalam pengembangan ekonomi kreatif, Jorji juga aktif dalam berbagai kegiatan seperti menjadi narasumber talkshow. Ia percaya bahwa kesuksesannya juga harus digunakan untuk memberikan kembali kepada masyarakat yang membesarkannya. Oleh karena itu, ia sering terlibat dalam kegiatan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat di Kota Bogor. Untuk kedepannya, Jorji sedang merancang sebuah kegiatan Reka Bogor – Forum Ekonomi Kreatif Kota Bogor di beberapa sekolah Kota Bogor untuk memperkenalkan pasar ekonomi kreatifnya secara lebih luas dan dimenarik minat para anak muda untuk berkontribusi dalam memajukan pasar ekonomi kreatif.

Sebagai seorang pemimpin dan penggerak perubahan di Kota Bogor, Jorji telah menghadapi berbagai tantangan dan rintangan dalam perjalanannya. Namun, dia tidak pernah menyerah dan terus berjuang untuk mewujudkan visinya untuk Kota Bogor yang lebih baik. Dengan integritas, semangat, dan keberanian, dia telah berhasil membangun jaringan yang kuat dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, bisnis, dan masyarakat sipil, untuk mencapai tujuan bersama dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan memajukan kesejahteraan masyarakat.

Di masa depan, Jorji berharap dapat melihat Kota Bogor menjadi pusat kreativitas dan inovasi yang diakui secara internasional. Dia bermimpi untuk melihat lebih banyak lapangan kerja tercipta, lebih banyak peluang bisnis terbuka, dan lebih banyak kesempatan untuk para seniman dan pengusaha kreatif untuk berkembang dan berinovasi. Dengan komitmen dan dedikasinya yang tidak pernah padam, Jorji yakin bahwa impian ini akan terwujud, dan dia akan terus menjadi penggerak perubahan yang berkontribusi pada kemajuan Kota Bogor dan masyarakatnya.