25 radar bogor

Perebutkan Piala Bergilir, Puluhan Sekolah Ikuti Lomba Pramuka di MAN 1 Cibinong Bogor

Puluhan sekolah tingkat dasar dan menengah di Kabupaten Bogor mengikuti lomba pramuka bertajuk "Jumpa Penggalang."

CIBINONG-RADAR BOGOR, Puluhan sekolah tingkat dasar dan menengah di Kabupaten Bogor mengikuti lomba pramuka bertajuk “Jumpa Penggalang.”

Lomba pramuka ini digelar oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bogor di lapangan utama sekolah, Sabtu (9/3/2024).

Ketua Panitia Jumpa Pengggalang MAN 1 Bogor Ditta Salsabila mengatakan, lomba pramuka merupakan tradisi dan agenda tahunan, Pramuka Ambalan KH. Achmad Dahlan dan Siti Aisiyah MAN 1 Bogor.

Ada 5 jenis mata lomba yang dilaksanakan yaitu Lomba Ketangkasan Baris Berbaris,
PUPK, Sandi, Pionering, Market Perkemahan dan Yelling.

“Tahun ini kegiatan disambut antusias dan meriah oleh peserta. Ini terbukti dengan jumlah peserta meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya.

Ditta menjelaskan jumlah pangkalan yang mengikuti jumpa penggalang tahun 2024 untuk tingkat MTs dan SMP berjumlah 51 regu, yang terdiri dari 26 regu Putri, dan 25 regu putra dari 27 pangkalan.

Lalu, berbeda dengan tahun sebelumnya Jumpa Penggalang ke 29 ini diikuti juga peserta dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD).

“Ada sekitar peserta 17 Sekolah dari 17 pangkalan dengan jumlah 31 regu,” jelasnya.

Ia berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa mengimplementasikan kemampuannya di kehidupan sehari-hari.

Karena berbagai kegiatan yang dilakukan juga terdapat nilai-nilai karakter bangsa yang penting untuk generasi muda.

Baca juga: Dapur Keliling Dompet Dhuafa Ramaikan Lomba Pramuka Tingkat Penggalang

“Semoga dengan kegiatan ini dapat menciptakan SDM yang berkualitas. Menuju ketangguhan bangsa berlandaskan nilai-nilai Dwi Satya dan Dwi Dharma Pramuka dalam membangun masyarakat , harapnya

Sementara itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Cibinong Apid Junaidi mengapresiasikan atas terselenggaranya Jumpa Penggalang ini.

Kegiatan ini menurutnya bisa menjaga silaturahmi antar anggota pramuka khususnya di Kabupaten Bogor dan umumnya di Jawa Barat.

“Tujuan kegiatan ini adalah membentuk anak pramuka yang aktif, kreatif, dan reaktif. Maka dengan begitu bisa mengurangi tingkat kenakalan remaja dan menghindari penggunaan narkoba dan obat-obat terlarang,” ungkapnya.

Sejalan dengan itu, Kepala MAN 1 Bogor N Nani Ruhyani menjelaskan, melalui lomba pramuka ini bisa memperkuat persatuan dan kesatuan di antara para anggota pramuka.

“Kegiatan lomba pramuka selama satu hari penuh ini dilaksanakan dilapangan MAN 1 Bogor, dengan Juri lomba dari Kwarcab Kabupaten Bogor dan Kwaran Kecamatan Cibinong,” ujarnya. (rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari