25 radar bogor

Penanganan Longsor Gang Makam Bogor Dinilai Lambat, Ini Kata UPTD PSDA Provinsi Jabar

longsor Gang Makam
Sejumlah pekerja sedang melakukan penumpukan karung berisi pasir untuk menahan longsor di Gang Makam RT 3 RW 5 Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Jumat (8/3/2024) . SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Longsor susulan untuk yang ketiga kalinya kembali melanda bantaran Sungai Cidepit, Gang Makam, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat pada, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga : Longsor di Bogor Kembali Menimpa Warga Gang Makam Cilendek Barat, Kali Ini Makan Korban

Meski terus menghantui warga setempat, belum ada penanganan serius yang dilakukan oleh pejabat terkait untuk memperbaiki longsor di Gang Maka tersebut.

Ketua RW 5, Cecep Syaifullah membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan belum ada penanganan secara serius dari UPTD PSDA Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane selama longsor melanda wilayahnya.

Padahal menurutnya longsor susulan semakin mengancam keselamatan warga. Ia menyebut ada 3 bangunan yang kini berpotensi ambruk lantaran kondiainya yang sudah mengkhawatirkan.

“Dampak longsor ini akses jalan warga terputus. Ada 6 rumah yang terisorlir dan harus memutar jauh kalau ingin keluar. Lalu ada 3 bangunan yang terancam ambruk yaitu posyandu, pos ronda, dan warung UMKM,” ujarnya.

Cecep amat berharap longsor susulan ketiga ini membuat pejabat terkait bertindak crpat. Karena ai khawatir rumah-rumah warganya terseret longsoran tanah.

“Rencana dari UPTD PSDA Provinsi akan diperbaiki di bulan April proses penggagendaan pembangunan dan pembiayaannya. Mudah-mudahan setelah kejadian ini cepat diproses karena khawatir rumah sebela sudah menggantung,” ungkapnya.

Menjawab keluhan itu, Pengelola SDA UPTD Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane Dinas SDA Jabar, Yulianti Juhendah mengatakan saat ini pihaknya masih belum memiliki anggaran untuk penanganan secara permanen. Ia menyebut pihaknya sedang memproses pengajuan anggaran untuk penanganan tersebut.

“Anggarannya memang belum ada. Makanya sekarang sedang proses pengajuan anggaran untuk perbaikannya,” ujarnya saat dikonfirmasi Radar Bogor, Jumat (8/3/2024).

Ia mengklaim, proses yang dilakukan pihaknya saat ini justru tergolong cepat. Karena menurut dia pengajuan anggaran biasanya mesti dilakukan sejak tahun sebelumnya.

“Ini sudah termasuk cepat. Biasanya untuk pengajuan anggaran itu harus tahun sebelumnya, untuk lokasi yang di Sungai Cidepit Gang Makam ini diprioritaskan sehingga alhamdulillah mudah-mudahan bisa tahun ini,” terang Yulianti.

Baca Juga : Pipa Perumda Tirta Pakuan di Bogor Barat Putus Imbas Longsor, Ribuan Pelanggan Terganggu

Untuk penanganan sementara Yulianti mengatakan pihaknya akan menambah tembok cerucuk dari bambu dan karung lagi sembari menunggu proses pengajuan dilakukan. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep