25 radar bogor

Tiga Partai Kuasai Perolehan Suara DPRD Jawa Barat di Kota Bogor, Ini Caleg yang Lolos

DPRD Jabar
Tiga caleg yang berpeluang lolos jadi anggota DPRD Jawa Barat dari Dapil Kota Bogor.

BOGOR – RADAR BOGOR, Teka-teki siapa yang lolos ke DPRD Jawa Barat akhirnya terjawab. Tiga kursi Daerah pemilihan (dapil) Provinsi Jawa Barat VII (Kota Bogor) direbut tiga partai yang meraih suara teratas di Kota Bogor, yakni PKS, Gerindra dan Golkar.

Baca Juga : PKS Borong 3 Kursi DPRD Kota Bogor Dapil 4 Tanah Sareal, Berikut Caleg yang Lolos

Berdasarkan data pleno KPU Kota Bogor, PKS mendapat torehan suara tertinggi di Dapil Kota Bogor untuk DPRD Jawa Barat. PKS meraih 156.633 suara. Disusul partai Gerindra dengan 101.096 suara dan Golkar yang menoreh 97.930 suara di posisi ketiga.

Sementara posisi keempat ditempati PDIP yang memperoleh 59.717 suara, PAN (36.147 suara), PKB (27.633 suara), Demokrat (27.322 suara), PSI (25.120 suara), NasDem (20.377 suara), dan PPP (14.973 suara). Sedangkan perolehan suara partai lainnya dibawah 10 ribu suara.

Menilik hasil perolehan suara tersebut, Radar Bogor kemudian mengkonversi suara partai ke perolehan kursi menggunakan metode sainte lague sebagai basis perhitungan Pemilu 2024.

Berdasarkan metode tersebut dengan menggunakan bilangan pembagi 1, 3, 5, dan seterusnya, maka hanya tiga partai yang diprediksi meloloskan calegnya ke DPRD Jawa Barat VII (Kota Bogor). Yakni : PKS, Gerindra dan Golkar. Ketiga partai tersebut, masing-masing mendapatkan satu kursi.

Lantas siapa caleg yang lolos ? dari tiga kursi yang diperebutkan, dua kursi diisi wajah baru. Yakni Rizaldy D. Priambodo dari Gerindra dengan 38.735 suara dan Fetty Anggraenidini dari Golkar yang memperoleh 61.985 suara. Sementara Iwan Suryawan dari PKS mampu mempertahankan kursinya dengan torehan 64.050 suara.

Di bagian lain, rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tingkat Kota Bogor berakhir tadi malam.

Ketua KPU Kota Bogor, Muhammad Habibi Zaenal Arifin mengatakan, setelah melakukan pencermatan yang merupakan langkah penting sebelum penetapan dan penandatanganan hasil rekapitulasi.

Penetapan pleno terbuka ini, menandakan selesainya seluruh proses Pemilu 2024 tingkat Kota Bogor. “Alhamdulillah, bersyukur Kota Bogor telah menuntaskan seluruh rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Pemilu 2024 di seluruh tingkatan kecamatan atau di 5 dapil Kota Bogor,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Hasil rekapitulasi ini kata dia, akan dilanjutkan pada rapat pleno terbuka di KPU Provinsi Jawa Barat. Nantinya dalam rapat pleno tersebut, akan dilakukan proses pembacaan ulang seperti yang dilakukan di tingkat Kota Bogor. “Untuk provinsi dibahas maksimal tanggal 11 Maret harus sudah selesai,” ucap dia.

Baca Juga : Dapat Satu Kursi di Dapil IV Kabupaten Bogor, Wasto : Jaga dan Kawal Suara PKS

Sementara untuk pengumuman baik perolehan kursi dan peserta pemilu terpilih, resminya diumumkan KPU RI setelah tanggal 20 Maret 2024. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep