25 radar bogor

Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa Bogor Raya, Teriakan Kenaikan Harga

Puluhan mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Bogor Raya menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Ir. H. Juanda tepatnya di depan Gereja GPIB Zebaoth Bogor. Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Puluhan mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Bogor Raya menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Ir. H. Juanda tepatnya di depan Gereja GPIB Zebaoth Bogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Rabu (6/3) sore.

Dalam aksi unjuk rasa itu puluhan mahasiswa itu pun tampak membawa spanduk, yang salah satu isinya ‘Harga bahan pokok naik, rakyat menjerit’, ‘Rakyat menangis di negeri agraris, hingga ‘Tolak kenaikan sembako, tolak kecurangan Pemilu’.

Berdasarkan pantauan, pukul 17.00 WIB, sejumlah orang mulai datang berjalan kaki mendekati barikade kawat berduri di depan Gereja GPIB Zebaoth Bogor, untuk aksi unjuk rasa itu.

Sempat terjadi dorong-dorongan dengan petugas, setelah sempat menerobos barikade kawat berduri, mereka terus melakukan orasi.

Mereka menyurakan tentang harga bahan pokok yang melambung tinggi, dan menolak kecurangan Pemilu 2024.

Pihak Kepolisian bakal menerapkan rekayasa lalu lintas, di Jalan Juanda dan Jalan Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah pada Rabu (6/3/2024) sore.

Baca juga: Hindari Jalan Juanda dan Sudirman Bogor, Ada Demo Mahasiswa Sore Ini. Lalin Dialihkan!

Kebijakan ini menyusul akan digelarnya aksi demonstrasi mahasiswa yang akan berlangsung di 2 titik, yakni di depan Gereja Zebaoth dan depan Starbuck Sudirman.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria menjelaskan, pihaknya akan membelokkan arus lalu lintas dari arah Jalan Otista ke arah Paledang.

Para pengendara kemudian diarahkan kembali ke Jalan Juanda, melalui Jalan Kapten Muslihat.

“Di simpang Baranangsiang, arus dari arah tol dialihkan ke Timur. Lalu kendaraan dari arah Timur dialihkan ke tol. Kemudian di simpang Tugu Kujang, arus dari arah Jalan Pajajaran tidak ada yang ke Jalan Otista melainkan diarahkan lurus ke Baranangsiang,” jelas Galih.

Sementara itu, untuk di simpang BTM, kendaraan dari arah Jalan Otista sebagian akan diluruskan ke arah Empang.

Kemudian di simpang Empang kendaraan dari arah Pahlawan maupun dari arah Pancasan tidak diperbolehkan mengarah ke BTM.

Rekayasa lalu lintas juga akan diperlakukan di kawasan Jalan Sudirman.

Kendaraan dari arah Taman Air Mancur akan dibelokkan melalui Simpang Sawojajar dan sebaliknya dari arah Sawojajar akan dibelokkan ke arah Taman Air Mancur.

“Di simpang Pengadilan, arus dari arah Jalan Pengadilan dibelokkan semua ke arah Jalan Jalak Harupat Sempur. Lalu di Simpang Denpom, arus dari arah Jalan Juanda diarahkan ke Jalan Jalak Harupat. tidak ada yang belok kiri ke arah Sudirman,” jelasnya.

Sementara itu dampak aksi unjuk rasa itu juga ada rekayasa lalin di Simpang Taman Air Mancur, kendaraan dari arah Jalan Ahmad Yani akan dibelokkan ke arah Jalan RE. Martadinata.

Di Simpang Warung Jambu arus yang menuju ke Jalan Ahmad Yani akan ditutup, kendaraan akan diluruskan ke arah Jalan Pajajaran, karena aksi unjuk rasa tersebut. (ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari