25 radar bogor

Kota Bogor Sabet Dua Kali Adipura, Gatut Susanta Sebut Tak Terlepas dari Program Bogorku Bersih

BOGOR-RADAR BOGOR, Wakil Penanggung Jawab Bogorku Bersih Gatut Susanta, menilai prestasi Kota Bogor yang menyabet Anugerah Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kedua kalinya secara berturut-turut, tak terlepas dari kontribusi program Bogorku Bersih.

Program Bogorku Bersih yang sudah berjalan selama delapan tahun terakhir ini, dinilainya membawa perubahan dan budaya baru terkait kebersihan warga di Kota Bogor.

“Kalau kita melihat tujuan Adipura, apa langkah yang dilakukan, artinya ini sejalan dengan kegiatan-kegiatan Bogorku Bersih,” kata Gatut Susanta saat berada di Balai Kota Bogor, pada Selasa (5/3).

Sebagai contoh, program Bogorku Bersih yang bergulir ini, bagaimana memberikan edukasi kepada warga, agar dapat mengelola mengelola sampah dan lingkungan secara mandiri, serta menerapkan biopori sebagai salah upaya mencegah banjir.

“Kalau saya lihat ini sangat sinergi dan sejalan dengan Bogorku Bersih, tahun ke-7 baru mendapatkan Adipura, dan Bogorku Bersih ke-8 mendapatkan lagi,” ucapnya.

“Memang cita-cita Adipura Pride ini adalah kekuatan kita untuk mendapatkan Adipura, sehingga ketika tiga kali bertrut-turut maka akan mendapatkan Adipura Kencana,” sambung dia.

Baca juga: Ini Kunci Kemenangan SDN Kedunghalang 5 di Ajang Bogorku Bersih

Disisi lain, Gatut Susanta melihat apa yang disampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, kegiatan Bogorku Bersih dinilai dapat membangkitkan semangat orang untuk lebih bersih.

Kemudian banyak sekali kegiatan-kegikatan Bogorku Bersih, yang bisa mengurangi sampah.

“Inikan sejalan, konsistensi wali kota dalam mendorong kegiatan kebersihan dan lingkungan ini menjadi bagian semangat dan sinergi masyarakat, kalau masyarakat semangat walikotanya gak semangat kan tidak imbang,” papar dia.

Apalagi, dijelaskan Gatut Susanta saat ini Kota Bogor sudah memiliki 35 RT mandiri, yang tentunya dapat menjadi inspirasi Kota Bogor dalam mengelola lingkunganya, masing-masing.

“Selain Adipura, Kota Bogor sudah banyak menelurkan kampung tematik, kalau kampung tematik ini pasti mereka menjaga lingkungannya, jadi sinerginya sudah banyak, tinggal ada beberapa titik lagi yang misalkan pasar untuk fokus berikutnya,” imbuh dia.

Melihat dari capaian-capaian dalam mengelola lingkungan di Kota Bogor, Gatut Susanta optimis jika dapat meraih Adpura Kencana, melalui Bogorku Bersih di dalamnya.

“Asal konsisten, dan Bogorku Bersih tetap ada lagi,” tandas Gatut Susanta.(ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari