25 radar bogor

Catat! Harga Kebutuhan Pokok Naik Jelang Ramadan, Dedie A Rachim Janji Akan Lakukan Operasi Pasar Kota Bogor

Nelvi/radar bogor. MERANGKAK NAIK: Sejumlah bahan pokok seperti cabai, telur, dan beras pada awal 2018 mengalami kenaikan harga di sejumlah pasar tradisional Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim angkat suara terkait dengan kondisi harga kebutuhan pokok yang naik, jelang bulan suci Ramadan di sejumlah pasar tradisional.

Dedie A Rachim mengaku, akan melakukan upaya untuk menekan harga kebutuhan pokok yang saat ini mengalami kenaikan, melalui operasi pasar.

“Insyaallah besok kita akan melakukan semacam operasi pasar, bersama Bulog dan juga Badan Pangan Nasional untuk bisa lebih memetakan kembali, dan memotret di mana saja simpul atau lubang yang perlu kita tutup untuk menstabilkan harga,” kata Dedie A Rachim.

Menurut dia, dalam kondisi ini solusinya bukan hanya pasokan yang perlu ditambah, namun dirinya mengajak kepada masyarakat agar tidak panic buying atau fenomena di mana masyarakat melakukan penimbunan beberapa barang pada saat terjadi situasi darurat tertentu.

Baca juga: Emak-Emak Menjerit, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok di Kota Bogor Naik

Sebab, Wakil Wali Kota Bogor memastikan ketersediaan stok beras saat ini masih sangat aman.

Adapun, hal itu diketahui saat Dedie A Rachim menyambangi gudang beras Bulog Bogor di Jalan Raya Dramaga, Kabupaten Bogor, Selasa (27/2) siang.

Kedatanganya ke gudang beras Bulog Bogor tersebut untuk memastikan pasokan beras Jelang Ramadan di tengah harga yang terus melonjak.

“Kalau dilihat ketersediaan beras sebetulnya saya meninjau stoknya luar biasa, beras itu cukup tapi kalau ada yang menimbun, panic buying percuma kita lakukan langkah apapun,” imbuh dia.

Atas hal itu, Dedie A Rachim meminta masyarakat turut membantu pemerintah secara bersama-sama dan lebih bersabar, atas mahalnya harga kebutuhan pokok.

“Kalau memang jelang Ramadan ada peningkatan permintaan, wajar kemudian ada fluktuasi harga kebutuhan pokok,” tandas Dedie A Rachim. (ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari