25 radar bogor

Beda Pemilu 2019 dan 2024 di Bogor Menurut Ketua PPK Pamijahan, Perhatian Masyarakat Lebih Terasa

PAMIJAHAN-RADAR BOGOR, Ketua PPK Pamijahan Budi Haryanto menuturkan, banyaknya hal baru yang ditemui di Pemilu 2024, membuatnya memiliki kesan tersendiri terhadap pesta rakyat tahun ini.

Apalagi ini merupakan pengalaman pertamanya sebagai Ketua PPK Pamijahan.

“Sedari awal kami memiliki berbagai tantangan mulai keterbatasan SDM hingga geografis beberapa desa yang cukup sulit,” tutur Ketua PPK Pamijahan itu.

Ia mengatakan, menghadapi berbagai tantangan ini, membuat mereka harus mempersiapkannya secara matang, termasuk pola distribusi logistik hingga teknis di hari pelaksanaan.

Beberapa TPS diakui sempat mengalami kendala, seperti human eror. Namun mampu segera diatasi.

“Setelah selesai di PPS kami mulai pleno tingkat kecamatan itu pada 17 Februari hingga 22 Februari 2023,” katanya.

Baca juga: PPK Ciseeng Bogor Tuntaskan Pleno Meski Belasan Hari, Penyebabnya Bukan Banjir, Tapi Ini…

Ia mengaku bersyukur, karena pada saat pleno, mereka tidak mengalami banyak kendala teknis, maupun protes berlebihan dari saksi.

Menurutnya, hal ini karena sejak awal, perencanaan yang dilakukan sudah baik. Sehingga mampu meminimalisir terjadinya kesalahan.

“Kesalahan pasti ada, tapi kami komunikasikan dengan baik dengan semua pihak,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan Pemilu 2024 hampir mirip dengan pemilu 2019.

Namun ada sejumlah regulasi yang diperbarui, agar menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Serta perhatian masyarakat cukup terasa. Sehingga mereka berusaha keras untuk bekerja secara maksimal.

“Menurut saya, baik KPU maupun DPR RI, dalam konteks membuat regulasi ini juga sudah sangat memperhitungkan, dan mempertimbangkan peristiwa 2019 dalam menyusun regulasi Pemilu 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia juga mengapresiasi dukungan maksimal dari seluruh stakeholder. Mulai dari Pemkab, Pemcab, TNI, dan Polri, yang sudah bersinergi dalam mendukung kerja-kerja KPPS, PPS, hingga PPK.

“Bantuan fasilitasi dari pemerintah seperti pemerintah kecamatan yang sangat responsif dalam mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan dukungan untuk kita. Begitu pun desa-desa yang ada di Pamijahan” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Ketua PPK Pamijahan itu, aspek keamanan yang dijamin oleh Polsek dan Koramil. Pemilu mampu dilaksanakan dengan baik dan tidak menimbulkan gangguan keamanan.

“Karena sudah ada keamanan dari polisi dan TNI, kami sebagai penyelenggara menjadi lebih fokus untuk bekerja,” ujar Ketua PPK Pamijahan itu. (rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari