25 radar bogor

Takjil Ini Paling Dicari di Bulan Puasa, Jualan di Teras Rumah Auto Banjir Duit Tiap Sore

Takjil berbuka puasa risol kampung.
Takjil berbuka puasa risol kampung.

RADAR BOGOR-Tak terasa Ramadan 2024 sebentar lagi. Berburu takjil menjadi salah satu tradisi menjelang berbuka puasa.

Baca Juga ; Tips Agar Kuat Berpuasa Ramadan, Bisa Turunkan Berat Badan dan Tetap Sehat Bugar

Salah satu takjil yang banyak dicari adalah gorengan risol. Bagi anda yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan di bulan Ramadan, berjualan takjil ini bisa jadi alternatif. Yuk ikutin cara membuatnya seperti dikutip dari youtube @alifahket.

Siapkan tiga keping bihun lalu dipotong menjadi dua bagian, kemudian direndam dengan air panas hingga lunak dan mengembang. Jika sudah melunak angkat dan tiriskan.

Selanjutnya siapkan tiga sium bawang putih yang sudah dicincang, sembilan sium bawang merah yang sudah diiris tipis lalu ini ditumis hingga matang dan harum.

Masukkan tiga buah wortel setara dengan 250 gram yang sudah diserut, lalu aduk rata sebentar tutup dan biarkan hingga matang.

Setelah matang tambahkan 1/2 sendok teh garam, 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan kaldu bubuk, 1 sendok makan lada bubuk lalu aduk rata.

Kemudian masukkan bihun aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya masukkan dua batang daun bawang yang sudah diiris lalu aduk sebentar, setelah tercampur rata bisa diangkat dan disisihkan.

Selanjutnya kita buat adonan kulit terlebih dahulu dari 250 gram tepung terigu, 1 sendok makan kaldu bubuk, 3 sendok makan tepung tapioka aduk rata, tuangkan 700 mililiter air secara bertahap agar adonan mudah halus.

Jika sudah halus dituang kembali sisa airnya, kemudian masukkan dua butir telur aduk hingga tercampur rata. Tambahkan 3 sendok makan minyak goreng, 4 lembar daun bawang dan 1 batang seledri yang sudah dipotong kecil-kecil aduk kembali hingga rata.

Ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur lalu tuangkan ke teplon yang sudah dipanaskan sambil diratakan
masak menggunakan api paling kecil hingga matang. Jika digoyang-goyang kulitnya sudah lepas bisa diangkat lalu tuang kembali.

Letakkan kulit yang ada daun bawangnya di bagian bawah lalu beri isian secukupnya selanjutnya dilipat lalu digulung. Oles ujungnya dengan sisa adonan kulit risol

Takjil Risol Kampung ini bisa untuk stok frozen food, atau bisa langsung digoreng dengan minyak panas menggunakan api sedang. Lalu sesekali dibalik agar matang. Jika warnanya sudah golden brown angkat dan tiriskan.

Selanjutnya kita buat sambal kacang dari 50 gram kacang tanah goreng. Masukkan bumbu yang sudah direbus yakni 5 buah cabai merah, 7 cabai rawit dan 3 siung bawang putih ke dalam blender.

Kemudian masukan 250 mil air dituang sebagian dahulu, tambahkan 2 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh garam lalu diblender.

Untuk teksturnya sesuai selera boleh halus atau kasar. Tuang sisa air sebelumnya ke dalam teflon dan masukkan sambal lalu masak hingga mendidih.

Baca Juga ; Wah, Ada Promo Ramadan di Lorin Hotel Sentul Bogor Nih, Ada Door Prize Juga Loh…

Jika sudah berubah warna angkat. Risol Kampung ini rasanya enak dan gurih dan sambalnya juga cukup pedas cocok untuk jualan dengan harga Rp2000-an. Selemat mencoba. (*)

Bahan-bahannya

3 keping bihun jagung = 5200
3 buah wortel =4000
1 sdm kaldu bubuk =500
1 sdm lada bububk =1000
1 sdm gula pasir =300
1/2 sdt garam =100
3 siung bawang puith =500
9 siung bawang merah =1500
2 batang daun bawang =1000

250 gr tepung terigu =3000
3 sdm tepung tapioka =500
1 sdm kaldu bubuk =500
700 ml air
2 butir telur =4000
3 sdm minyak goreng =500
4 lembar daun bawang + 1 batang daun seledri =500

5 cabe merah =700
7 cabe rawit =1000
3 siung bawang puith =500
50 gr kacang tanah =1400
1 sdt garam =100
2 sdm gula pasir =500
250 ml air
minyak + gas =5000

Editor : Yosep