25 radar bogor

Sudah Jualan Sejak 1975, Yuk Cobain Soto Bang Ali Bogor yang Gunakan Bumbuh dari Aceh

Soto Bang Ali Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Satu lagi soto yang sudah cukup melegendaris di Kota Bogor, yakni Soto Bang Ali. Salah satu kuliner legendaris di Bogor ini sudah jualan sejak tahun 1975.

Kuah sotonya emang beda, karena Bang Ali gunakan aneka rempah dari Aceh. Dulu lama jualan di Jl Pemuda Ps. Hewan, sekarang kedainya berada di Jl Bangbarung, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Di kedai Soto Bang Ali ini, kamu bisa pilih porsinya sesuai selera, yakni kecil, sedang, atau besar. Lalu pilih isiannya, ada daging, babat, paru, Ati, limpa, otak, iso, lidah dan kikil.

Baca Juga: Pacu Adrenalin Lewat Wisata Paralayang, Nikmati Keindahan Puncak dari Ketinggian

Sementara kuahnya, kamu bisa pilih, santan atau bening. Bagi para pelanggannya, Soto Bang Ali tetap di hati. Kedai soto santan bang Ali ini merupakan kedai milik Ali Arifin, seorang pria asal Aceh.

Keunikan soto santan bang Ali, yakni racikan bumbunya yang menggunakan racikan khas bumbu Aceh. Kekhasan lain dari soto santan Bang Ali adalah isian sotonya yang semuanya digoreng, kecuali babat dan daging. Soto juga tidak disajikan di dalam mangkuk, tetapi disajikan menggunakan piring.

Soto santan sendiri berisi irisan daging atau jeroan sapi yang kuah kaldunya dimasak bersama dengan santan dan bumbu-bumbu seperti kemiri, merica, ketumbar, bawang putih, dan bumbu rempah lainnya.

Kuah soto berwarna kekuningan dan beraroma khas rempah-rempah yang harum. Kuah santan pada soto bang Ali ini cukup ringan.

Kuah santan tidak begitu kental sehingga tidak menimbulkan rasa mual. Ada rasa sedikit asam pada setiap soto yang disajikan yang ternyata berasal dari belimbing sayur.

Untuk isian soto, kita bisa pilih sendiri sesuai selera. Ada daging sapi dan jeroan yang terdiri dari paru, kikil, babat, otak dan lain-lainnya. Seperti telah disebutkan di atas tadi, semua jeroan, kecuali babat, sudah digoreng terlebih dahulu.(net)