25 radar bogor

Hasil Rapat Pleno di PPK Bogor Timur Batal Dibacakan, Ditunda Hingga Besok

Hasil Rapat Pleno di PPK Bogor Timur Batal Dibacakan, Ditunda Hingga Besok. Fatur/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pembacaan hasil rapat pleno dan rekapitulasi Pemilu 2024 di wilayah Kecamatan Bogor Timur batal dilakukan. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menunda pembacaan hasil hingga Jumat (1/3/2024).

Ketua PPK Bogor Timur Mudrikah menjelaskan, hasil rapat pleno dibatalkan, lantaran adanya masukan dari Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), dan saksi yang meminta pihak PPK menyandingkan hasil rekapitulasi manual dengan SiRekap.

Selain itu, Panwascam dan para saksi juga meminta agar pembacaan hasil rapat pleno bukan saja hasil rekapitulasi se-Kecamatan Bogor Timur, namun per Kelurahan.

“Hari ini sebenarnya kami sudah siap. Namun karena tadi ada masukan-masukan itu akhirnya kami tunda. Hasil itu akan dibacakan besok setelah salat Jumat sekira jam 2 siang,” ujarnya saat ditemui Radar Bogor, Kamis (29/2/2024).

Mudrikah mengatakan arahan yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pembacaan hasil ini ialah mencakup Kecamatan secara keseluruhan.

Baca juga: Duh, KPUD Kabupaten Bogor Minta Rapat Pleno Dilakukan hingga Tengah Malam

Ia memandang, permintaan itu timbul karena adanya perbedaan aturan yang diberlakukan pada zpemilu periode sebelumnya.

“Karena mungkin terbiasa ingin tahu hasil rapat pleno dari kelurahan, berapa jumlahnya ya sudah kami tampung,” ucap dia.

Ia menjelaskan, sistem pembacaan hasil rapat pleno rekapitulasi Pemilu besok akan dilakukan, dengan cara menampilkan total akhir hasil rekapitulasi manual kemudian disandingkan dengan hasil SiRekap. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari