25 radar bogor

Nah Loh, Himpunan Pengusaha Wisata Pancawati Ancam Boikot Pemkab Bogor, Masalahnya Ini

Himpunan Pengusaha Wisata Pancawati Ancam Boikot Pemkab Bogor, Masalahnya Ini

CARINGIN-RADAR BOGOR, Himpunan pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pariwisata Pancawati dan Sekitarnya (HP3S), mengancam akan memboikot Pemkab Bogor dengan tidak membayar pajak.

Gerakan himpunan pengusaha Pancawati itu, dipicu menurunnya pemasukan mereka dari kegiatan wisata, akibat akses di wilayah Pancawati yang rusak parah, dan terkesan ada pembiaran.

Dewan Penasehat himpunan pengusaha atau HP3S Maman Madom menyebut, pihaknya merasa dianaktirikan oleh Pemkab Bogor, lantaran tidak didengarnya keluhan yang selama ini dilontarkan pengusaha wisata.

“Selama ini kami patuh dan manut dengan aturan-aturan baik pajak maupun perizinan, namun pemerintah tidak mengindahkan keluhan kami,” ucapnya, Rabu (27/2).

Padahal, kata dia, setiap bulannya himpunan pengusaha wisata dan kuliner, termasuk perhotelan membayar pajak hingga ratusan juta.

Baca juga: Sasar Pengusaha, Baznas Tingkatkan Penghimpunan Zakat Perusahan

Seharusnya, Pemkab Bogor dapat memprioritaskan faktor penunjang wisata, seperti jalan yang selama ini sudah hancur bertahun-tahun.

“Usaha kami semua semakin merosot karena kondisi jalan yang hancur parah seperti kubangan Kerbau. Sehingga ribuan pelanggan yang biasanya setiap minggu datang, mereka memilih ke wilayah lain,” bebernya.

Maman melihat, jika keluhan yang selama ini tidak didengar, maka pengusaha khususnya di wilayah Pancawati terancam gulung tikar.

Kondisi itu juga, kata dewan penasehat himpunan pengusaha itu, akan berimbas pada perekonomian warga, yang selama ini mengandalkan sektor pariwisata.

“Maka jangan salahkan kami, para himpunan pengusaha, jika mulai bulan depan kami semua tidak membayar pajak baik retribusi hotel restoran maupun pajak lainnya,” tegasnya. (cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari