25 radar bogor

Sekolah Lansia Pertama di Kota Bogor, Puluhan Aki-Nini Kelurahan Tanah Sareal Jadi Murid

Puluhan warga Tanah Sareal mengikuti Sekolah Lansia pertama Kota Bogor. Fatur/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 35 orang warga RW 07, Kelurahan Tanah Sareal terdaftar menjadi murid Sekolah Lansia pertama yang ada di Kota Bogor.

Peluncuran sekolah lansia tersebut berlangsung pada Selasa (27/2/2024).

Ketua RW 07, Anas Subarnas menjelaskan, warganya terpilih menjadi murid di sekolah lansia tersebut, lantaran wilayahnya berhasil menjadi juara 1 dalam perlombaan Bina Keluarga Lansia (BKL) se-Kota Bogor.

“Sekolah Lansia ini merupakan program hasil kerja sama antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat dengan lembaga Indonesia Ramah Lansia (IRL). Sekolah ini menjadi pionir dan percontohan di Kota Bogor dan akan ada di 17 Kabupaten atau Kota lain,” jelasnya.

Pembelajaran dalam sekolah ini akan dilakukan setiap 1 bulan sekali selama 10 bulan. Setiap pertemuan akan berlangsung selama 90 menit. Di sekolah ini para lansia akan mendapat pemaparan terkait dimensia dan edukasi kesehatan.

“Sekolahnya akan berlangsung selama 10 bulan dari Februari sampai November 2024 nanti. Di bulan Desember para murid akan diwisuda di Bandung,” terang Anas.

Ia berharap, lewat Sekolah Lansia warga lansianya dapat lebih tangguh dan mandiri. Dirinya pun ingin mereka bisa lebih prduktif, aktif, dan bahagia.

“Dengan mandiri mereka tidak perlu khawatir menjadi beban bagi keluarga. Sekolah lansia ini juga membuat para lansia lebih sering bergaul dan bahagia karena bertemu dengan teman-teman lain,” ujarnya. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari