25 radar bogor

Parah, Pembangunan Mangkrak di Kabupaten Bogor Baru Dilanjut di 2025

pembangunan mangkrak
Salag satu pembangunan mangkrak di Kabupaten Bogor

TAMANSARI – RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor bakal menindaklanjuti pembangunan infrastruktur yang mangkrak di tahun 2023. Namun demikian, pembangunan mangkrak itu tidak akan dilanjutkan di tahun 2024 ini.

Baca Juga : Innalillahi, Ibu-Ibu Warga Tamansari Bogor Meninggal Terseret Arus Selokan, Usai Hadiri Undangan

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, Pemkab Bogor melalui Dinas PUPR telah menginventarisir dan menindaklanjuti persoalan banyaknya pembangunan fisik tahun anggaran 2023 yang mangkrak.

“Kami sudah inventarisir dan tindaklanjuti, yang pertama ada yang kami rencanakan ditindaklanjuti di tahun ini, apakah di perubahan anggaran dan sebagainya,” ungkapnya di Tamansari, Selasa (27/2/2024).

Meski begitu, kata dia, ada sejumlah pembangunan mangkrak yang tidak akan dilanjut di tahun 2024 ini. Sebagian lainnya hanya diteruskan dengan anggaran pemeliharaan.

“Listnya kami sudah punya melalui PUPR, bahkan ada juga yang diteruskan dengan pemeliharaan, karena pada dasarnya dananya sudah diputus,” katanya.

“Karena sudah lewat waktu, namun duitnya tetap ada di kita, kita bayar hanya sesuai prestasi yang dibangun,” sambung Burhanudin.

Dia juga membeberkan, tidak hanya infrastruktur jalan yang berakhir mangkrak di tahun 2023 kemarin. Namun ada juga kegiatan lainnya seperti bendungan, drainase hingga TPT.

“Bagi pengusaha-pengusaha yang tidak tercapai prestasinya, pemda harus ambil tindakan tegas. Ada yang diblacklist, ada yang mau menyelesaikan kita bayar di perubahan, ada juga yang diberi kesempatan, ada juga yang diputus kontrak,” ucap Burhanudin.

Sebelumnya, Dinas PUPR mencatat ada sekitar 50 proyek pembangunan yang bersumber dari APBD 2023 yang tidak rampung.

Di Kecamatan Tamansari, setidaknya ada 4 pembangunan jalan dam jembatan yang mangkrak hingga saat ini.

Camat Tamansari, Yudi Hartono menyesalkan hal tersebut. Menurutnya, banyak kegiatan masyarakat yang akhirnya terhambat akibat mangkraknya pembangunan tersebut.

Baca Juga : Akses Wisata di Tamansari Bogor Terganggu Akibat Proyek Mangkrak, Hambat Perekonomian Hingga Ancam Keselamatan Warga

“Masa kalah dengan pembangunan di desa, yang anggarannya kecil tapi untuk bangun jalan dan lain sebagainya bisa selesai,” tukasnya. (cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep