25 radar bogor

800 Pengawas TPS di Kabupaten Bogor Belum Terima Haknya, Begini Kata Bawaslu

Pengawas TPS
Ratusan pengawas TPS (tempat pemungutan suara) di Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor dilantik Senin (22/1/2024). 

CIBINONG – RADAR BOGOR, Ratusan Pengawas TPS di Kabupaten Bogor belum mendapatkan haknya pasca bertugas menjadi pengawas Pemilu 2024. Total ada sekitar 800 pengawas TPS dengan honor Rp1 juta per orang.

Baca Juga : Pengoplos Gas Elpiji di Cileungsi Bogor Digerebek, Camat Minta Kades Selektif

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin menjelaskan, bahwa persoalan pengawas TPS ini tengah dilakukan proses.

“Ya terakhir ada 800 orang (PTPS) tapi sekarang saya belum update lagi. Yang jelas sedang berproses,” kata Ridwan ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa (27/2/2024).

Ridwan menjelaskan, masih belum meratanya hak yang didapatkan dikarenakan ada beberapa persoalan terutama soal rekening yang digunakan oleh pengawas TPS.

“Sebenarnya sudah coba ditransfer, cuma gagal, karena mereka (PTPS) bikin rekening tapi belum diaktivasi. Tapi kami sudah konfirmasi lagi ke BRI (bank tujuan transfer),” jelas Ridwan.

Sementara itu, salah satu pengawas TPS di Kabupaten Bogor yang namanya enggan disebutkan mengaku hingga saat ini dirinya belum mendapatkan honor. “Katanya hari ini tapi belum saya terima,” keluhnya.

Sementara Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan Bawaslu Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan jika honor pengawas TPS yang belum diterima sudah dilakukan secara bertahap.

Baca Juga : Rapat Pleno Kecamatan Tajur Halang Bogor, Sisa Desa dengan TPS Terbanyak

Dia pun memastikan jika honor akan diterima oleh seluruh pengawas TPS di Kabupaten Bogor. “Dipastikan semuanya menerima sesuai haknya,” ucap Burhan. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep