25 radar bogor

6 Tips Agar Bahagia dan Sehat ala Pj Bupati, Untuk Ratusan ASN Kabupaten Bogor yang Akan Pensiun

Pembekalan ASN Pra Purnabakti. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Lorin Sentul, Selasa (27/2/2024). Foto: Diskominfo Kabupaten Bogor

BABAKAN MADANG-RADAR BOGOR, Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bogor yang akan memasuki masa pensiun, mengikuti Pembekalan ASN Pra Purnabakti. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Lorin Sentul, Selasa (27/2/2024).

Kabid Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kabupaten Bogor, Nia Kusmardini mengatakan, pembekalan hari ini diikuti sekitar 360 ASN lingkup Pemkab Bogor.

Ada sejumlah tujuan, kata dia, dari pembekalan ini. Salah satunya agar ASN Kabupaten Bogor yang akan pensiun, memiliki pemahaman terkait tata cara untuk mengurus persyaratan untuk pensiun.

“Lalu hak dan kewajiban apa saja yang mereka miliki terkait Taspen lalu juga mereka akan mendapatkan motivasi yang akan disampaikan oleh tenaga ahli di bidang motivasi,” katanya.

Sejalan dengan itu, Sekretaris BKPSDM Nia Indrawathi mengatakan, pembekalan ASN pra purnabakti ini juga sebagai wadah memberikan untuk motivasi, semangat, dan kepercayaan diri. Agar saat sudah masa purna tugas tetap beraktivitas karena sehat dan bahagia.

Baca juga: Persiapan Memasuki Masa Pensiun, IWAPI Ranting Bogor Barat Gelar Seminar

“Sehingga masa pensiun yang dilalui akan merasa menyenangkan dan tercipta suatu suasana baru yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat pada umumnya dan pada diri sendiri khususnya. Juga bertujuan memberikan informasi terkait proses layanan pencairan tabungan gaji pensiun,” kata Nia.

Sementara itu, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengungkapkan, ada enam hal yang harus dipersiapkan saat purnabakti agar tetap dalam keadaan sehat dan bahagia.

Pertama membangun pola berpikir positif, kedua menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, ketiga adalah mengembangkan hobi.

Kemudian keempat, yang harus dilakukan ASN Kabupaten Bogor yang akan pensiun, adalah membuat perencanaan anggaran, terutama perencanaan keuangan sebelum masa pensiun tiba, kelima membangun jejaring atau membangun networking.

“Keenam atau yang terakhir, yaitu memperdalam atau memperbanyak kegiatan-kegiatan rohani, cari saja yang ada di Kabupaten Bogor” ujarnya. (rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari