25 radar bogor

Tiga Mafia Pengoplos Gas Melon di Bogor yang Raup Untung Rp4 Juta Sehari Akhirnya Ditangkap

Polsek Cileungsi menangkap tiga pelaku pengoplos gas melon, yang beroperasi di wilayah Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Senin (26/2/2024). Jaenal/Radar Bogor

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Polsek Cileungsi menangkap tiga pelaku pengoplos gas melon, yang beroperasi di wilayah Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Senin (26/2/2024).

Kapolsek Cileungsi Kompol Yohanes Redhoi mengatakan, penangkapan pelaku pengoplos gas melon dilakukan dini hari tadi, pukul 00.00 WIB.

“Tiga pelaku pengoplosan gas melon ini, pertama berinisial BG 50, berperan sebagai pemilik dari bisnis ilegal ini, sekaligus pemilik tempat operasi,” ucapnya.

Kemudian TM (47) tahun, dan ketiga AN 30, keduanya adalah karyawan, yang berperan sebagai pengoplos.

“Adapun modus yang dilakukan, yaitu dengan memindahkan gas yang ada di dalam tabung gas elpiji 3 kilogram subsidi,” kata dia.

Baca juga: Disdagin Bogor Pastikan Harga Gas Melon Kembali Turun

Dia menuturkan, mereka memindahkan gas melon yang warna hijau, ke tabung gas non subsidi, yang dijual dengan harga industri.

“Dan itupun diisi tidak penuh, sehingga mereka mendapat keuntungan berlipat,” jelasnya.

Mantan Kasat Reskrim Polres Bogor tersebut mengungkapkan, modus operandi ini telah mereka lakukan selama 3 tahun.

“Dan dalam satu hari, mereka menghasilkan keuntungan senilai Rp4 juta rupiah,” ungkap Yohanes.

Selain pelaku, polisi juga mengamankan lebih dari 300 tabung gas berbagai ukuran. Mulai dari gas melon yang 3 kilogram, non subsidi 12 kilogram, 5,5 kilogram hingga gas ukuran 50 kilogram yang dipakai untuk industri serta alat pengoplosan. (Abi)

Penulis: Jaenal
Editor: Rany Puspitasari