25 radar bogor

Pemkab Segera Bentuk Desa Binaan Imigran di Kawasan Puncak Bogor, Progressnya Sudah Sampai Sini

Tertibkan Imigran Puncak
Ilustrasi Imigran.

CISARUA-RADAR BOGOR, Keberadaan imigran di Kawasan Puncak belum sepenuhnya dalam pengawasan instansi terkait.

Terlebih, banyaknya kasus imigran di Kawasan Puncak Bogor meninggal dunia tanpa identitas dalam beberapa waktu terakhir.

Atas dasar kemanusiaan, pihak-pihak terkait kini tengah membentuk Desa Binaan Imigran Kawasan Puncak, khususnya di Kecamatan Cisarua pada tahun 2024 ini.

Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Kecamatan Cisarua, Komarudin mengatakan, pembentukan desa binaan imigran telah masuk tahap koordinasi dan sosialisasi.

“Perencanaan pembentukan desa binaan ini melibatkan pihak imigrasi. Nantinya semua akan terdata baik imigran legal maupun ilegal,” ucapnya, Minggu (25/2).

Menurutnya, pembentukan desa binaan imigran ini berangkat dari banyaknya kasus meninggalnya imigran baik legal maupun ilegal.

Nantinya, tiap desa di Kecamatan Cisarua akan dibentuk tim pembinaan bagi imigran untuk lebih tepat dalam mendata keberadaan imigran.

“Imigran yang meninggal kebanyakan merupakan imigran ilegal yang sulit didata, karena tidak ada laporan yang masuk ke pihak kecamatan maupun desa. Sedangkan yang legal terdata di UNHCR,” jelasnya.

Dengan adanya desa binaan ini, pihaknya berharap keberadaan imigran Kawasan Puncak dapat lebih tertata. Sebab, mereka akan dapat diakses secara langsung melalui desa binaan imigran.

“Dengan pembentukan desa binaan di Kawasan Puncak ini, kami berharap semua dapat terperinci dalam pendataan. Kami dari pihak Pol PP Kecamatan Cisarua terus mendorong pembentukan desa binaan imigrasi di wilayah Bogor pada tahun 2024,” harapnya.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari