25 radar bogor

Cetak Santri Unggul yang Berkarakter, Ponpes Darussalam Koposari Adakan Pentas Seni

Pondok Pesantren Darussalam Koposari yang terletak di Desa Cileungsi, menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Seni Santri dengan tema “Cahaya Santri Koposari Untuk Negeri” pada Sabtu malam (24/2). Jaenal/Radar Bogor

GUNUNG PUTRI-RADAR BOGOR, Pondok Pesantren Darussalam Koposari yang terletak di Desa Cileungsi, menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Seni Santri dengan tema “Cahaya Santri Koposari Untuk Negeri” pada Sabtu malam (24/2).

“Kegiatan ini adalah agenda setiap tahun untuk mengembangkan bakat dan pada malam hari ini banyak pentas seni ditampilkan,” ungkap Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Koposari Hilal Hindaya.

Ia mengaku, tujuannya untuk meningkatkan kreativitas santri, mendorong prestasi santri agar menjadi SDM yang unggul dan berkualitas.

“Seluruh santri juga terlibat dalam kegiatan dari dekorasi panggung, dan semuanya turut tampil pentas pada kegiatan tersebut, jadi semua ikut andil,” ucapnya.

Baca juga: Saung Qur’an Alfa Rizqie Rayakan Milad ke-7, Adakan Lomba hingga Pentas Seni Santri

Sementara Penasehat Pesantren Darussalam Koposari Afif Johan menyampaikan, bahwa kegiatan seperti ini akan terus diadakan oleh pesantren.

Menurutnya, pesantren tidak hanya tempat belajar agama, namun juga tempat pembinaan karakter, kemandirian, kedisiplinan, mengasah prestasi, dan melestarikan budaya bangsa.

“Saat ini tantangannya semakin berat dengan adanya globalisasi, perkembangan teknologi, dan digitalisasi sehingga membutuhkan SDM yang unggul dan berdaya saing,” ungkap Afif Johan kepada wartawan.

Menurut Afif, di Koposari telah menyiapkan santrinya ketika lulus, tidak hanya pintar ilmu agama tapi punya skill dan kompetensi.

“Alhamdulillah di pesantren kami juga ada Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas lengkap dengan fasilitas laboratorium komputer, seperti acara pada malam ini, semua video, programmer dan editing merupakan karya santri,” katanya.

Untuk diketahui dalam kegiatan tersebut, diisi dengan tampilan tarian nusantara, tarian khas daerah, seni beladiri, marching band, akrobatik, ceramah dalam tiga bahasa, marawis, dan drama. (Abi)

Penulis: Jaenal
Editor: Rany Puspitasari