25 radar bogor

PKS Klaim Dapat 11 Kursi DPRD Kota Bogor, Tabulasi Perhitungan Suara Rampung

Sekretaris DPD PKS Kota Bogor, Dedi Mulyono memberikan keterangan pers di kantor DPD PKS Kota Bogor pada Jumat (23/2/2024). Foto: Dede/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bogor merilis hasil tabulasi perolehan suara partai politik (parpol) pada Pemilu 2024, untuk pemilihan calon anggota legislatif DPRD Kota Bogor.

Adapun, berdasarkan perolehan suara parpol dari salinan C1 yang sudah dikumpulkan dari seluruh TPS, tergambar peta sebaran perolehan kursi parpol di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

Sekretaris Umum DPD PKS Kota Bogor, Dedi Mulyono mengatakan, hasil tabulasi yang sudah dilakukan di jajaran internalnya menyebutkan bahwa proses perhitungan real count DPD PKS Kota Bogor sudah tuntas 100 persen, yakni total 2.913 TPS.

Baca Juga: Presiden Minta Perbankan Tingkatkan Porsi Kredit UMKM, BRI Siapkan Segmen Ultra Mikro

“Persentase data yang sudah masuk ke pusat tabulasi, hasilnya kita bisa melihat perolehan suara dan kursi masing-masing parpol pada pemilu 2024 ini,” kata Dedi Mulyono di kantor DPD PKS Kota Bogor pada Jumat (23/2/2024).

Menurut dia, dari hasil tabulasi PKS Kota Bogor tersebut, Parpol dengan perolehan suara dan kursi terbanyak pertama, kembali diraih oleh PKS dengan raihan 21,01 persen. Perolehan suara sebanyak itu, PKS dipastikan berhasil memperoleh 11 kursi DPRD Kota Bogor.

Adapun, rincian perolehan 11 kursi yang diklaim diraih PKS Kota Bogor. Diantaranya, 2 kursi di Dapil 1 Bogor Timur-Tengah, 1 kursi di Dapil 2 Bogor Selatan, 3 kursi di Dapil 3 Bogor Barat, 3 kursi di Dapil 4 Bogor Tanah Sareal, dan terakhir 2 kursi di Dapil 5 Bogor Utara.

Baca Juga: Catat! Ini Instruksi KPU Kabupaten Bogor untuk PPK Seluruh Kecamatan

Urutan keduanya memperoleh 15,28 persen dengan raihan 7 kursi, dan terakhir parpol pemenang ketiga meraih 13,7 persen atau mendapatkan 6 Kursi.

Melihat data-data tersebut, Dedi menegaskan bahwa pihaknya sangat meyakini hasil tabulasi internalnya itu tidak akan jauh berbeda dengan hasil rekapitulasi berjenjang yang dilakukan oleh KPU.

Sebab basis data yang digunakan untuk tabulasi tersebut adalah C-Salinan hasil perolehan suara dimasing-masing TPS. “PKS berkomitmen untuk mengawal suara rakyat, karena satu suara rakyat sangat berharga,” ucap dia.

“Sehingga kami kawal di semua tingkatan. Kami turunkan saksi ke 2.913 TPS se Kota Bogor, sehingga kami bisa dapatkan C-Salinan dimasing-masing TPS, lalu itu kami tabulasi sehingga tergambar perolehan suara dan kursi masing-masing parpol,” tandas Dedi Mulyono.(ded)

Editor: Alpin

Reporter: Dede Supriyadi