25 radar bogor

Mau Awet Muda, Yuk Konsumsi Jus Buah Mengkudu

Ilustrasi Buah Mengkudu

RADAR BOGOR-Buah Mengkudu merupakan buah dari pohon Morinda citrifolia. Mengkudu biasanya tumbuh di daerah tropis seperti Asia, Australia, dan Polinesia.

Buah Mengkudu ini memiliki bentuk bulat dengan permukaan bergerigi dan biasanya berwarna hijau atau kuning saat belum matang. Berubah Mengkudu menjadi hijau kekuningan atau bahkan putih ketika sudah matang.

Buah mengkudu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya karena kandungan nutrisi dan sifat-sifatnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah mengkudu ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, seperti vitamin C, vitamin E, zat besi, dan kalsium.

Baca Juga: Menjajal Desa Wisata Kiarasari, Keindahan dan Menyingkap Misteri Gunung Para Petapa

Mengkudu dapat langsung dikonsumsi saat sudah matang. Selain dimakan langsung, buah mengkudu juga sering diolah menjadi berbagai produk, salah satunya yakni jus mengkudu.

Jus mengkudu mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid, polifenol, dan alkaloid yang memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan Anda bisa terlihat lebih muda.

Beberapa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan mengkudu antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung, mengatur kadar gula darah, dan mengurangi peradangan.

Tak hanya itu saja, jus mengkudu juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit. Dilansir dari Livovy pada Rabu (21/2), berikut merupakan 7 manfaat jus mengkudu bagi kesehatan kulit.

  1. Antioksidan

Jus mengkudu bermanfaat bagi kesehatan kulit karena mengandung antioksidan seperti vitamin C dan fitonutrien lainnya.

Baca Juga: Kasus DBD di Kota Bogor Melonjak, Sudah 4 Anak Meninggal Dunia

Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan perlindungan ini, kulit dapat terhindar dari penuaan dini dan tetap terlihat segar dan awet muda.

  1. Anti Inflamasi

Peradangan kronis dapat berkontribusi pada masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini. Mengonsumsi jus mengkudu dapat memberikan manfaat kesehatan kulit akibat adanya sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

  1. Mendukung Produksi Kolagen

Kolagen merupakan protein yang memberikan struktur pada kulit. Sehingga kulit jadi lebih glowing dan terlihat lebih awet muda.

Mengonsumsi jus mengkudu dapat mendukung produksi kolagen yang dapat berpotensi membuat kulit menjadi lebih kencang dan lembut.

  1. Menghidrasi kulit

Mengonsumsi jus mengkudu dapat menghidrasi kulit yang tentunya akan menjadikan kulit lebih lembab. Hidrasi kulit yang tepat sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan mencegah kulit kering, bersisik, dan iritasi.

  1. Penyembuhan Kulit

Mengonsumsi jus mengkudu dapat berpotensinya dalam menyembuhkan luka di kulit. Ini dapat membantu meredakan iritasi kulit ringan dan mempercepat penyembuhan luka sayatan dan gesekan kecil.

  1. Pencegahan Jerawat

Jus buah mengkudu bermanfaat bagi kulit yang rentan terhadap jerawat. Mengkudu dengan sifatnya yang anti-inflamasi dan antimikroba dapat membantu mencegah timbulnya jerawat serta mengurangi tingkat keparahan jerawat.

  1. Perlindungan Sinar Matahari

Jus mengkudu dapat memberikan tingkat perlindungan matahari secara alami. Meskipun tidak seharusnya digunakan sebagai pengganti tabir surya, namun, antioksidan dalam jus mengkudu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.***