25 radar bogor

Rumuskan Action Gender yang Tepat, Begini Cara Pemkab Bogor Hadapi Tantangannya

CIBINONG-RADAR BOGOR, Meningkatkan kesetaraan dan keadilan gender, Pemkab Bogor terus mempertegaskan sinergi antar stakeholder.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan, Pemkab melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) meminta semua perangkat daerah dapat memahami dengan baik, tugas dan fungsi, serta perannya sesuai dengan batasan kewenangannya masing-masing, dalam upaya pengarusutamaan gender di Kabupaten Bogor.

Masalah keadilan gender ini dia ungkapkan saat menggelar rapar koordinasi pengarusutamaan gender, di ruang serbaguna I, Sekretariat Daerah Cibinong, Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Pemkab Bogor Evaluasi Penyelenggaraan PUG, Dorong Kesetaraan Gender

Ia menjelaskan, rakor ini membahas perumusan gender action yang tepat.

Sehingga capaian target pembangunan dan pemberdayaan gender dapat ditingkatkan.

Namun demikian, menurutnya upaya untuk meningkatkan kesetaraan dan keadilan gender, seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan.

Hal ini yang menjadikan kebijakan, program, dan pembangunan menjadi kurang tepat sasaran. Akibat masalah kesetaraan dan keadilan gender tersebut.

Adapun stakeholder dan perangkat daerah yang hadir sebagai narasumber dalam rakor kesetraan dan keadilan gender, yaitu Pusat Kajian Gender dan Anak IPB University, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta sejumlah jajaran Pemkab Bogor. (rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari