25 radar bogor

Miliki TPS Terbanyak se-Kabupaten Bogor, Begini Strategi Rekapitulasi Perhitungan Suara di Kecamatan Cibinong Agar Rampung Tepat Waktu

Rekapitulasi perhitungan suara di Kecamatan Cibinong, dipastikan menjadi yang terlama di Kabupaten Bogor.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Rekapitulasi perhitungan suara di Kecamatan Cibinong, dipastikan menjadi yang terlama di Kabupaten Bogor.

Kecamatan Cibinong yang berada di pusat pemerintahan Kabupaten Bogor itu, merupakan wilayah dengan TPS terbanyak. Ada 986 TPS di sana.

KPUD Kabupaten Bogor memberikan deadline tiga pekan, untuk rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan di Kecamatan Cibinong tersebut.

“Tiga Minggu targetnya,” kata Camat Cibinong, Acep Sajidin kepada Radar Bogor Selasa (20/2/2024).

Berbagai upaya pun dilakukan, agar rekapitulasi perhitungan suara cepat selesai. Di sana, rekapitulasi perhitungan suara mengunakan format empat panel. Namun, hal itu dinilai masih belum cukup.

Untuk itu, pada hari kelima rapat pleno tingkat kecamatan di Kecamatan Cibinong, bakal menambah panel. Menjadi lima panel.

Baca juga: Jadi Wilayah dengan Jumlah TPS Terbanyak se-Kabupaten Bogor, PPK Cibinong Bereskan Rekap Pemilu Paling Cepat 20 Hari

“Kami targetkan selesai 15 hari, besok kami mulai tambah panel, dari empat panel jadi lima panel,” tuturnya.

Untuk menjaga kondisi fisik para PPK, PPS, juga saksi dalam rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan di Kecamatan Cibinong, diberikan waktu istirahat tiga kali dalam sehari.

“Kami sudah mengkaji sejak jauh hari, agar tidak ada yang sampai jatuh sakit saat pleno berlangsung,” tuturnya.

Ia memaparkan, rapat pleno di Kecamatan Cibinong dibagi menjadi empat sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Kemudian istirahat, solat dan makan hingga pukul 13.00 WIB.

Untuk sesi kedua, dimulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB. Dijeda istirahat solat dan makan hingga pukul 16.00 WIB.

Sesi ketiga, rekapitulasi di Kecamatan Cibinong dimulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

“Lanjut istirahat, solat dan makan hingga pukul 19.00 WIB. Untuk sesi keempat, dimulai pukul 19.00 hingga pukul 21.00 WIB,” tukasnya disela kegiatan rekapitulasi di Kecamatan Cibinong. (all)

Penulis: Arifal
Editor: Rany Puspitasari