25 radar bogor

Siap-Siap Caleg Stres Bermunculan, Pemkab Bogor Sudah Siapkan Layanan Kesehatan di 4 RSUD

RSUD Cibinong Bogor siap layani caleg stres.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memastikan layanan kesehatan dapat dijangkau oleh caleg stres, atau yang mengalami gangguan jiwa akibat Pemilu tahun ini.

Pemkab sendiri telah menyiapkan fasilitas kesehatan untuk caleg stres, mulai dari rumah sakit hingga puskesmas.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Agus Fauzi. Ia memastikan petugas kesehatan telah memiliki kemampuan menangani pasien, atau caleg stres dengan gangguan psikis.

“Mereka sudah terlatih sejak tingkat puskesmas telah terlatih,” katanya.

Untuk tingkat RSUD, ada empat RSUD yang sudah memiliki dokter spesialis kejiwaan. Empat RSUD milik pemerintah, yakni RSUD Cibinong, RSUD Leuwiliang, RSUD Cileungsi dan RSUD Ciawi.

“Dokter spesialis kejiwaan ini bisa untuk menangani pasien caleg gagal,” ungkapnya.

Baca juga: Kantongi Suara Terbanyak, Ini Deretan Caleg yang Bertengger di Posisi Teratas pada Pileg DPRD Kota Bogor

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menuturkan, fasilitas kesehatan yang disediakan, yaitu layanan dasar untuk masyarakat, termasuk bagi caleg yang gejala stres karena gagal. Sehingga rumah sakit harus melayani siapa pun itu.

“Kami menyediakan 132 fasilitas kesehatan untuk melayani para calon anggota legislatif (caleg) yang mengalami gejala stres setelah Pemilu 2024,” tuturnya.

Ia menyebutkan, sebanyak 132 fasilitas kesehatan untuk caleg stres tersebut, tersebar di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor. Terdiri dari puskesmas, rumah sakti pemerintah, dan swasta.

“Itu 101 puskesmas serta 31 rumah sakit milik pemerintah dan swasta, khusus untuk caleg stres,” sebutnya. (rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari