25 radar bogor

Pembongkaran Plaza Bogor Belum Jelas, Pemkot Tunggu Direksi Perumda PPJ yang Baru

plaza bogor
Pasar Bogor yang menyatu dengan Plaza Bogor bakal dibongkar tahun ini. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota Bogor masih belum memastikan tanggal pembongkaran pusat perbelanjaan legendaris Plaza Bogor. Hingga pertengahan Februari 2024 ini, proses beauty contest (lelang) pembongkaran dan pembangunan belum dilaksanakan.

Baca Juga : Pemkot Kantongi Kepemilikan Plaza Bogor, Perumda PPJ Segera Bongkar

Wali Kota Bogor, Bima Arya menjelaskan, hal itu terjadi lantaran Pemkot Bogor masih berfokus pada Panitia Seleksi Direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) terlebih dahulu.

Proses beauty contest pembongkaran Plaza Bogor baru akan berjalan setelah Direksi Perumda PPJ baru dilantik.

“Saya sudah pelajari semua, kami optimis orang-orang terbaik yang akan mengisi Direksi baru Perumda PPJ. Direksi definitif yang akan dilantik awal Maret 2024 inilah yang kemudian bakal berfokus menyusun Term of Reference (TOR) desain baru Plaza Bogor,” ujarnya kepada Radar Bogor, Sabtu (17/2/2024).

Kondisi ini pun membuat proses pembongkaran berpotensi tidak akan berlangsung di masa kepemimpinan Bima yang akan berakhir pada Bulan April 2024.

“Kami tidak akan terburu-buru, karena harus matang betul. Nanti saya bicara dengan direksi terpilih terlebih dahulu,” ucap Bima.

Sebelumnya, Direktur Utama Perumda PPJ lama, Muzakkir mengatakan tidak akan memisahkan beauty contest pembongkaran dengan pembangunan. Kedua tahap ini akan digabungkan dalam 1 bagian.

“Untuk besaran nilainya (anggaran revitalisasi Plaza dan Pasar Bogor) menunggu dari investor, karena tiap investor punya konsep bisnis yang berbeda. Tapi perkiraan kami Rp500-600 miliar,” ucapnya pada Kamis (25/1/2024).

Baca Juga : Plaza Bogor Mulai Dipagar, Siap Dibongkar?

Kawasan ini ke depan akan diisi dengan gedung parkir berkapasitas 1500 mobil dan 2000 motor, pusat kuliner, pasar tematik, hotel, hingga akses ke Kebun Raya Bogor (KRB). (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep