25 radar bogor

Beras Premium Langka di Retail-Retail, Aprindo Bongkar Penyebabnya

ilustrasi beras premium
ilustrasi beras

JAKARTA-RADAR BOGOR, Stok beras premium di retail-retail langka jelang Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada Rabu 14 Februari 2024.

Baca Juga : Ada Kelangkaan Stok Beras dan Gula, Harga Cabai Meroket Jelang Ramadan

Stok beras premium yang langka di pasaran saat ini adalah beras premium 5 kilogram (kg). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) membeberkan penyebab beras premium langka di retail-retail.

Disebutkan terjadi ketidakseimbangan antara supply dan demand. Karena hal tersebut stok beras yang kurang menyebabkan harga eceran tertinggi (HET) pun terkerek alias naik bin mahal.

Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey menyebut kelangkaan beras premium terjadi di pasar ritel modern dan pasar tradisional.

“Situasi dan kondisi yang tidak seimbang antara supply dan demand inilah yang mengakibatkan kenaikan HET beras pada pasar retail modern dan pasar rakyat (pasar tradisional),” bebernya.

Menurut Roy, salah satu faktor utama kelangkaan di retail karena harga beras dari level produsen sudah tinggi.

Sebagai contoh harga beras premium biasanya dijual Rp13.150 per kg dari produsen. Namun saat ini harga naik di kisaran Rp16.000 – Rp18.000 per kg.

Menurutnya, retail kesulitan untuk menjual jika harga beras premium dari produsen pun sudah tinggi. Oleh karena itu, kata Roy, mayoritas peritel menahan diri untuk menyetok pasokan beras premium.

Baca Juga : Jelang Pemilu Penyaluran Bansos Beras Disetop, Begini Penjelasan BPN

“Ya, kita nggak mungkin kalau beli mahal dijual murah. Nggak bisa masuk barang kalau kita beli mahal jual rugi, jadi ada beberapa peritel yang memilih nggak usah ada barang sekalian,” katanya.

Kendati begitu sejumlah peritel tetap berusaha memasok persedian beras premium, dengan catatan harga jual di atas HET. (net)

Editor : Yosep