25 radar bogor

Target Pemilih Pemula, Malam Hari Bisa Rekam KTP

Menjelang Pemilu 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor menggeber pelayanan kartu tanda penduduk (KTP) bagi pemilih pemula.

BOGOR-RADAR BOGOR, Menjelang Pemilu 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor menggeber pelayanan kartu tanda penduduk (KTP) bagi pemilih pemula. Bagaimana targetnya? Seperti apa inovasinya?.

Baca Juga : Genjot Perekaman KTP Pemilih Pemula, Disdukcapil Kota Bogor Perpanjang Waktu Pelayanan Hingga Jam 9 Malam

Disdukcapil Kota Bogor saat ini sedang mengejar target perekaman KTP bagi pemilih pemula. Terlebih saat ini masih banyak warga yang menginjak usia ke 17 tahun pada Februari 2024 ini.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan sedang memprioritaskan perekaman dan pencetakan KTP bagi pemilih pemula di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sehingga dirinya harus mempersiapkan blanko KTP ke program tersebut.

“Bukan hanya di Disdukcapil Kota Bogor saja, saat ini seluruh Disdukcapil se-Indonesia sedang memprioritaskan penyelesaian perekaman pemilih pemula dengan rentang usia 16-17 tahun yang jumlahnya luar biasa,” ucap Ganjar.

Menurut dia di Kota Bogor memiliki target merekam KTP pemilih pemula hingga 25.700 orang. Jumlah tersebut berbanding terbalik dengan blangko KTP yang diberikan pemerintah pusat melalui dropping. Ganjar mengungkapkan droping yang dilakukan setiap 2 pekan hingga 1 bulan sekali itu hanya menyetok 2-4 ribu blangko KTP saja.

Kondisi ini pun memaksa pihaknya tidak melayani sementara pencetakan KTP reguler yang dimohonkan masyarakat yang biasanya diajukan dengan alasan hilang, rusak atau ganti status.

“Memang pelayanan reguler kami tahan dulu karena target prioritas. Pelayanan itu kami migrasikan ke aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dulu. Karena sejatinya fungsinya sama dan keakuratan sama, malah lebih akurat. Bahkan kami dampingi IKD dengan lampiran surat keterangan biodata jika diperlukan,” jelasnya.

Beruntung, sejak Senin (29/1) Disdukcapil Kota Bogor sudah kembali melakukan pelayanan pencetakan KTP reguler. Bagi masyarakat yang ingin mengajukan pencetakan KTP, bisa kembali terlayani dengan maksimal.

Selain itu, saat ini Disdukcapil Kota Bogor membuka pelayanan perekaman KTP pemula selama 3 hari ke depan dengan waktu yang lebih lama. Pelayanan yang biasanya dibuka hingga pukul 4 sore saja kini diperpanjang hingga pukul 21.00 WIB.

Ganjar menerangkan perpanjangan layanan ini dibuka pihaknya pada sejak Senin (5/2) hingga Rabu (7/2). Perpanjangan layanan ini tidak hanya dibuka di Kantor Disdukcapil, namun juga di lima kecamatan lain Kota Bogor.

“Kami mohon bisa dimanfaatkan kesempatan ini. Kami menghimbau masyarakat terutama pemuda untuk segera melakukan perekaman KTP elektronik,” tuturnya.

Untuk mendapat pelayanan ini, masyarakat hanya perlu berpakaian rapi dan membawa fotocopy Kartu Keluarga dan isi daftar kehadiran.

Di Pemilu tahun 2024 ini, Ganjar menyebut Kota Bogor memiliki target perekaman KTP pemilih pemula hingga 25.700 orang.

Ganjar mengatakan upaya pengejaran target ini bertujuan untuk mencegah hilangnya hak suara para remaja yang masuk di rentang usia 16-17 tahun itu. Sebab, mereka tergolong pada 1 dari 3 kategori pemilih yang berhak menyalurkan suaranya di pesta demokrasi itu.

Baca Juga : Bawaslu: Pemilih Pemula Punya Peranan Menjalankan Pemilu

Dirinya menghimbau masyarakat untuk memaksimalkan pelayanan itu sebab selain mendapatkan hak suara, pemilik KTP-El ini juga dapat menerima layanan publik lain, salah satunya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). (*)

Editor : Yosep