25 radar bogor

Silaturahmi Komandan Lanud ATS ke Vihara Dhanagun Bogor, Pengalaman Pertama Nyalakan Lilin Raksasa

Kunjungan Komandan Lanud ATS Marsma TNI M. Taufiq Arasj ke Vihara Dhanagun Bogor. Fatur/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Imlek tahun ini memberikan pengalaman berbeda bagi Komandan Lanud ATS Marsma TNI M. Taufiq Arasj.

Komandan Lanud ATS itu, berkesempatan menyalakan lilin raksasa yang ada di Vihara Dhanagun. Pengalaman itu membawa kebahagiaan bukan saja bagi dirinya namun juga para pengurus vihara.

Komandan Lanud ATS Marsma TNI M. Taufiq Arasj berkunjung, dan bersilaturahmi bersama para Pengurus Vihara Dhanagun yang tengah suka cita merayakan tahun baru Imlek.

Tak hanya itu, di momen ini, Taufiq juga mendapatkan kesempatan untuk menyalakan lilin merah raksasa yang biasa dipasang berjejer rapi dan cantik di halaman depan vihara.

“Ini pengalaman pertama bagi saya. Suatu kehormatan bisa mendapat kesempatan ini. Mudah-mudahan kita semua bisa selalu menjaga kebersamaan dan persaudaraan ini,” tuturnya.

Pengurus Vihara Dhanagun, Ayung Kusuma menyambut gembira kedatangan Taufiq. Ia pun merasa terhormat dan bersyukur atas silaturahmi yang senantiasa dijalin oleh para pemimpin di Kota Bogor.

“Ini menjadi bukti kalau Kota Bogor itu saling menghargai satu sama lain. Mudah-mudahan ini bisa terus terjaga dan terus menumbuhkan keharmonisan antar sesama,” ucapnya.

Baca juga: Perkuat Sinergi, Pj Bupati Bogor Silaturahmi dengan Lanud ATS

Ayung menjelaskan lilin-lilin tersebut merupakan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Tionghoa. Penyalaan lilin ini menjadi gambaran harapan adanya penerangan dalam batin manusia oleh sang Pencipta.

“Sebagai wujud syukur juga atas berkat Tuhan yang membuat kita bisa melihat, datang ke Vihara, bicara, dan kawan. Itu semua berkah yang harus disyukuri bukan hanya harta saja.

Lilin-lilin ini, kata dia, akan terus dijaga supaya tetap menyala hingga menjelang Cap Go Meh atau sekira 12 hari setelah Imlek, salah satunya lilin yang juga dinyalakan Komandan Lanud ATS.

“Biasanya tanggal 13 akan dirapikan dan tanggal 14-nya Vihara mulai ramai dikunjungi lagi,” terang Ayung usai menerima kunjungi Komandan Lanud ATS. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari