25 radar bogor

Puluhan Linmas se-Cigombong Bogor Diminta Kawal Pemilu 2024, Camat Minta Laporkan Jika Ada Potensi Gangguan

Puluhan linmas Kecamatan Cigombong ikuti apel pagi mempersiapkan pengawalan TPS.

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 90 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) disiagakan, jelang pelaksanaan hari pencoblosan Pemilu 2024.

Camat Cigombong Irwan Somantri mengatakan, Linmas merupakan satuan keamanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, apalagi saat pesta demokrasi, Pemilu 2024.

“Satlinmas sangat berperan dalam menjaga keamanan di lingkungan masyarakat, begitu pun saat pesta demokrasi atau Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari ini,” ucapnya, Senin (12/2).

Menurutnya, 90 anggota Linmas tersebut merupakan perwakilan dari 9 desa di Kecamatan Cigombong. Usai apel siaga ini, mereka kembali ke desa masing-masing dan langsung bertugas sesuai dengan arahan Komandan Pleton (Danton).

Baca juga: Bersih-Bersih APK Pemilu 2024 di Kabupaten Bogor Dilakukan hingga Pelosok Kampung, Libatkan Petugas Gabungan

Dalam kegiatan tersebut, pihak kecamatan juga menyerahkan pakaian dinas lapangan (PDL) kepada para linmas.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh anggota Linmas, untuk memantau terus kondisi di masyarakat dan TPS yang akan menjadi tempat pemungutan suara,” imbau Irwan.

Camat Cigombong juga meminta untuk segera melapor jika ada hal-hal yang menganggu pelaksaan Pemilu baik kepada pihak kecamatan, polsek, koramil, dan pemerintah desa.

Sebagai organisasi resmi di Indonesia dan diatur dalam UU Kementerian Dalam Negeri, Irwan berharap para anggota Linmas untuk menjaga nama baik serta berlaku netralitas pada Pemilu 2024 ini.

“Dan jaga pula keamanan dan ketertiban baik sebelum dan sesudah pemilu 2024, karena satlinmas adalah organisasi resmi dan diakui oleh negara,” tandasnya.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari