25 radar bogor

Petualangan ke Curug Cikawah Pamijahan Bogor, Nikmati Keindahan Kawah-kawah Kecil yang Masih Aktif

Curug Cikawah, merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

BOGOR-RADAR BOGOR, Buat kamu kaula muda yang hobi wisata petualang, yuk jelajahi destinasi wisata Curug Cikawah. Ini merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Curug Cikawah ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, jika kamu pergi liburan bersama keluarga atau teman ke Bogor. Curug ini memiliki banyak pesona yang dapat dinikmati wisatawan.

Sebab, wisata ke Curug Cikawah ini merupakan petualangan yang cukup mengasyikan. Sebab, sesampai disana kamu akan disuguhkan pemandangan alam air terjun yang begitu indah.

Baca Juga: Mau Panen Durian Matang di Pohon, Ini 3 Lokasi Wisata Durian Paling Hits dan Kekinian

Kamu bakal menikmati dan menghirup hawa segar yang membawa suasana semakin nyaman. Curug Cikawah bisa menjadi pilihan menarik untuk mengembalikan semangat setelah menjalani hari yang melelahkan.

Obyek wisata air terjun Curug Cikawah Bogor ini memiliki ketinggian mencapai 45 meter dengan kedalaman hampir 2 meter. Curug Cikawah ini kelilingi kawah-kawah kecil yang masih aktif.

Selain itu, air yang jatuh dari curug ini terasa dingin, namun setelah mengalir kebawahnya akan terasa panas karena melintasi kawah. Ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Disamping keindahan curugnya, Curug Cikawah Ciasmara ini masih memiliki daya tarik lain, karena kamu akan menemukan sederet limpahan air yang mengalir pada hamparan bebatuan.

Baca Juga: Warga Desak Agrowisata Gunung Mas Kelola Lahan Negara dengan Baik

Limpahan air ini menyerupai air terjun kecil yang bisa digunakan untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air khas pegunungan Salak.

Sejauh mata memandang, kamu akan melihat air terjun Curug Cikawah dengan tumpukan bebatuan, kepulan asap belerang, dan barisan hijau pepohona tentu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas Curug Cikawah

Fasilitas utama di Curug Cikawah, yakni pemandangan air terjun tinggi yang begitu indah. Curug di Pamijahan ini masih memiliki fasilitas umum yang minim, karena belum tertata sebagai tempat wisata untuk semua orang.

Jalan menuju ke Curug Cikawah juga sedikit menguras tenaga, karena rutenya cukup menantang. Namun, inilah yang membuat Curug Cikawah tetap terasa asri dan alami.

Hanya kamu-kamu yang punya jiwa petualang siap menikmati keindahan Curug Cikawah. Namun, kamu akan menemukan fasilitas umum disekitaran penduduk.

Di sana, ada fasilitas berupa Area Parkir, Toilet, Mushola dan masih banyak lagi. Mengenai Tiket Masuk Curug Cikawah juga masih tergolong murah, mengingat fasilitasnya yang sangat minim.

HTM Curug Cikawah Pamijahan

Bagi yang tertarik ingin mengunjungi Curug Cikawah, tak ada salahnya jika mengetahui informasi harga tiket yang berlaku. Untuk memasuki tempat wisata, kamu dikenakan harga Tiket Masuk (HTM) Curug Cikawah Rp 10.000 per orang plus tarif parkir Rp 5.000.

Rute Menuju Curug Cikawah

Alamat Curug Cikawah ini terletak di Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Tempat wisata yang terbilang baru di Pamijahan Bogor, ini memang harus membutuhkan niat yang kuat untuk berkunjung.

Selain lokasinya yang jauh, dari Pamijahan membutuhkan waktu perjalanan selama 1 jam untuk sampai lokasi curug, juga masih melewati jalan yang kurang baik.

Rute Menuju Curug Cikawah bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Jika kamu datang dari Jakarta, Depok, dan Bekasi, rute yang dilewayi, yakni Cibubur- Cileungsi – Citeureup – Sirkuit Sentul – Jl. Raya Bogor.

Lanjut ke Yasmin- Bubulak – IPB Darmaga – Pertigaan Cibatok – Pertigaan Cemplang – Desa Cibitung – Desa Ciasmara – Air Panas- Curug Cimanglid -Curug Cikawah. (***)