25 radar bogor

Perizinan TPPAS Lulut Nambo Bogor Sudah Ditandatangani KLHK, Pj Sekda Jabar Sebut Segera Ujicoba Lagi

Pj Sekda Jabar sebut perizinan tempat pembuangan dan pengolahan akhir sampah atau TPPAS Lulut Nambo, di Kecamatan Klapanunggal, sudah ditandatangani Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada Januari 2024.

KLAPANUNGGAL-RADAR BOGOR, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Taufiq Budi Santoso sebut, perizinan tempat pembuangan dan pengolahan akhir sampah atau TPPAS Lulut Nambo, di Kecamatan Klapanunggal, sudah ditandatangani Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada Januari 2024.

“TPPAS Lulut Nambo perizinan sudah ditanda tangani oleh KLHK,” kata Taufiq kepada wartawan, Minggu (11/2).

Jadi, menurut Taufiq, tinggal memproses bersama Pemda Bogor, dan lembaga lain, untuk menjalankan operasional TPPAS Lulut Nambo.

“Jadi kalau Nambo tahap pertamanya sudah berdiri dan sudah minimum 50 ton perhari, dan kita sedang upayakan untuk maksimal bisa mendekati 70 ton perhari,” ungkapnya.

Bahkan dalam waktu dekat, rencananya, akan lakukan ujicoba ketiga dan keempat, dengan mendatangkan pihak Kabupaten dan daerah lain.

Baca juga: Pemkab Bogor Desak Pemprov Jabar Operasikan TPPAS Lulut Nambo

“Kalau kemarin, ujicoba kesatu dan kedua, dan sampahnya didatangkan dari Kabupaten Bogor, tapi kedepan kita datangkan dari wilayah lain, termasuk Tangerang Selatan,” jelasnya.

Namun untuk akses TPPAS Lulut Nambo, pihaknya bakal mencoba tata kembali, tapi secara aksesbilitas keseluruhan masih layak dilalui.

“Tinggal masalah memperbaiki jalan-jalan yang kurang baik di TPPAS Lulut Nambo. Sama mungkin penataan parkir truk, karena banyak yang parkir dipinggir jalan,” cetusnya.
(Abi)

Penulis: Jaenal
Editor: Rany Puspitasari