25 radar bogor

SD Ibnu Hajar Punya Ekskul Menulis, Hasilkan Dua Buku Kumpulan Cerpen Anak

Para penulis cilik dari SD Islam Ibnu Hajar.

BOGOR-RADAR BOGOR, Writing Club Sekolah Dasar (SD) Islam Ibnu Hajar di Jalan Katulampa RT 01 RW 01, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor melakukan grand launching buku antologi cerpen karya anak cilik, Sabtu (10/2/2024).

Kegiatan yang berlangsung di aula sekolah ini, merupakan peluncuran buku hasil karya 26 penulis cilik berbakat. Mereka berasal dari siswa kelas empat hingga enam SD Islam Ibnu Hajar. 

Baca Juga : Refresh PJJ Sekolah Islam Ibnu Hajar Gelar Lomba Lewat Daring

Acara peluncuran buku diramaikan dengan berbagai penampilan para anggota Writing Club SD Islam Ibnu Hajar. Diantaranya story telling menggunakan Bahasa Inggris.

Pengajar Writing Club SD Islam Ibnu Hajar, Nabila Putri Nur Anoraga, mengatakan jika ekskul menulis ini berdiri pada September 2023. Tujuannya menggali potensi siswa di bidang literasi. 

Writing Club didirikan untuk mengasah kemampuan para siswa dalam kegiatan menulis. Merangsang daya imajinasi dan kreativitas untuk dituangkan dalam sebuah cerita pendek (cerpen). 

Baca Juga : Kemenkominfo Klaim Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat

“Pada saya masih sekolah, ada yang namanya KKPK. Yakni berupa kumpulan cerpen ditulis oleh pelajar. Tapi sekarang sudah jarang beredar di toko buku karena tergerus media sosial,” ujar Nabila. 

Sementara Penggagas Writing Club SD Islam Ibnu Hajar, Nurul Nur Alilawati menjelaskan, awalnya ada 70 siswa yang tergabung dalam ekskul ini. Namun kemudian diseleksi sehingga menyisakan 33 siswa saja. Saat naskah cerpen akan dibuat ke dalam buku, kemudian terpilih 26 karya. 

Ada dua judul buku yakni Menggapai Cita dan Warna Warni Persahabatan. “Menariknya, empat dari 26 cerpen anak-anak menggunakan Bahasa Inggris,” ucap Nurul.

Nurul menambahkan, untuk tiap semester Writing Club akan merilis minimal satu buku. Hal itu dilakukan agar siswa memiliki karya saat lulus sekolah. 

“Kami ingin menjadi pelopor perkembangan literasi di Kota Bogor. Ingin menggairahkan kembali minat membaca yang saat ini kalah pamor oleh media sosial,” harap Manajer Penjamin Mutu SD Islam Ibnu Hajar itu. (rur)

Editor : Ruri Ariatullah