25 radar bogor

Jelang Masa Tenang di Bogor, Bawaslu Gelar Apel Siaga. Ada Pelanggaran Tindak!

Sejumlah Anggota Bawaslu Kabupaten Bogor apel siaga jelang hari tenang pungut dan hitung suara di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sabtu (10/2/2024). Bawaslu Kabupaten Bogor menyiagakan anggotanya untuk patroli serta mengawasi jalannya Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Foto : Radar Bogor / Hendi Novian

CIBINONG-RADAR BOGOR, Bawaslu Kabupaten Bogor menggelar Apel Siaga untuk memastikan kesiapan pengawasan Minggu Tenang dan Pungut Hitung Pemilu 2024 di Kabupaten Bogor. Kegiatan ini digelar di Lapangan Tegar Beriman, Sabtu (10/2/2024).

Baca Juga : Masih Banyak APK Terpasang di Pinggir Jalan, Begini Penjelasan Bawaslu dan Satpol PP

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin mengatakan apel siaga Minggu Tenang ini diikuti oleh seluruh Panwascam Se- Kabupaten Bogor. Mereka diingatkan kembali untuk mengoptimalkan pengawasan.

“Tentunya pengawasan harus diperkuat untuk memastikan semua tahapan berjalan sesuai aturan dan pelanggaran dapat diminimalisir di seluruh wilayah Kabupaten Bogor,” katanya.

Dalam arahannya, dia berharap kepada para Panwascam untuk mengawasi betul pelanggaran pemilu. Jika ada temuan pelanggaran seperti money politik di masa tenang, maka harus ditindak sesuai aturan.

Ridwan juga meminta setiap panwascam untuk memastikan jumlah logistik suara di wilayah kecamatannya masing-masing. Hal ini dengan cara berkoordinasi dengan PPK dan PPS di masing-masing kecamatan.

“Karena ini akan berpengaruh terhadap pelaksanaan pungut hitung yang insyaallah kita lakukan pada tanggal 14 Februari, pastikan semua seluruh logistik yang sudah ada di kecamatan itu tolong segera berkoordinasi dengan PPK dan PPS,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menyebut apel hari ini adalah bukti komitmen kesiapan Pemkab Bogor dan seluruh penyelenggara dalam pengawalan dan pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Bogor.

Selaras dengan Bawaslu, dia berharap setiap pengawas pemilu memiliki kemampuan, keberanian, kompetensi dan paling utama adalah memahami peraturan perundang-undangan tentang kepemiluan.

“Tanggung jawab ini semakin berat, terlebih Kabupaten Bogor dengan luas wilayah yang cukup besar, kemudian jumlah penduduk yang cukup banyak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Asmawa mengaku optimis walaupun Bogor memiliki jumlah pemilih terbesar se-Indonesia. Suksesi Pemilu 2024 tetap bisa terwujud dengan baik melalui pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan pemilu.

Baca Juga : Pengurus KNPI Kabupaten Bogor Dilantik, PJ Bupati Ajak Kolaborasi Bangun Daerah

“Saya yakin dan optimis dengan kesiapan kita pada apel pagi hari ini maka ini menunjukkan komitmen bahwa kita siap melaksanakan tugas mulia ini, dalam rangka menghadirkan pemimpin-pemimpin bangsa dan negara termasuk pemimpin di Kabupaten Bogor ini,” katanya. (r1)

Reporter : Fikri Rahmat Utama
Editor : Yosep