25 radar bogor

Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Penderita Diabetes

Lidah Buaya

RADAR BOGOR-Lida buaya memang diketahui memiliki khasiat buat kesehatan. Bahkan, tanaman rumah tangga yang populer mungkin menjanjikan sebagai cara baru untuk mengendalikan diabetes di masa depan bahkan mungkin tanpa efek samping.

Tanaman Aloe Vera merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman dari spesies Aloe Vera. Tumbuh di daerah beriklim panas dan kering seperti Mediterania, Timur Tengah, India, dan Afrika.

Di Amerika Serikat, lidah buaya ditanam di Florida, Texas, dan Arizona. Tanaman ini termasuk sukulen, dan daunnya terbuat dari gel bening yang membantu tanaman menahan air.

Baca Juga: Bogor Diterjang Angin Kencang, Pohon di Pasirmulya Tumbang. Tutup Akses Jalan!

Anda mungkin familiar dengan gel lidah buaya karena sering digunakan untuk meredakan luka bakar akibat sinar matahari. Jus lidah buaya juga terbuat dari gel yang sama.

Merupakan cairan kental dan lengket yang dibuat dengan cara menghancurkan atau menghancurkan daun tanaman lidah buaya untuk diambil gelnya, kemudian disaring dan diubah menjadi cairan dengan menambahkan air.

Penelitian menunjukkan bahwa jus lidah buaya, tanaman tahan kekeringan, dapat membantu penderita diabetes mengatur kadar gula darah. Orang telah menggunakan lidah buaya (dari genus Aloe) untuk khasiat obatnya selama berabad-abad.

Dilansir JawaPos.com dari healthline, Kamis (8/2), lidah buaya telah lama dikenal karena sifat anti-inflamasi dan penyembuhannya, termasuk menyembuhkan luka bakar akibat sinar matahari dan cedera lainnya. Faktanya, lidah buaya mengandung 75 bahan aktif, antara lain: vitamin, mineral, enzim, asam amino.

Meskipun para ahli memperingatkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian, Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti telah mempelajari potensi lidah buaya untuk membantu orang menurunkan gula darah dan mengendalikan diabetes mereka.

Manfaat yang diakui oleh penelitian menunjukkan bahwa jus atau suplemen lidah buaya memiliki sejumlah manfaat bagi penderita diabetes:

  1. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa mengkonsumsi gel lidah buaya dapat membantu orang mencapai kadar gula darah puasa yang lebih baik, serta menurunkan lemak dan berat badan.

  1. Sedikit efek samping

Seperti yang dicatat oleh penulis tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Pharmacology and Therapeutics, sebagian besar orang yang berpartisipasi dalam penelitian yang melibatkan sediaan lidah buaya tampaknya mentoleransi asosiasi lidah buaya dan tidak mengalami efek samping yang tidak diinginkan.

  1. Mungkin aloe vera akan lebih banyak orang akan mengambilnya

Orang dengan diabetes tipe 2 tidak selalu meminum obatnya sesuai petunjuk. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa kurang dari separuh penderita diabetes tipe 2 mampu mencapai target gula darahnya. Ini mungkin masalah biaya, manajemen efek samping, atau kombinasi beberapa faktor.

Dikutip JawaPos.com dari ndtv Kamis (8/2), menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine, mengonsumsi gel lidah buaya dapat membantu mengendalikan diabetes dan meningkatkan kadar gula darah puasa.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Physical Therapy Research menemukan bahwa daging daun lidah buaya yang bebas gel dapat membantu mengobati diabetes yang tidak bergantung pada insulin.

Luka pada kaki dan bisul adalah salah satu komplikasi diabetes yang paling umum. Penderita diabetes diketahui membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Menurut diabetes.co.uk, gel lidah buaya dapat “mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan luka”.(jpc)