25 radar bogor

Pembatasan Angkutan Barang di Jalan Tol Hingga 11 Feb 2024

STOP: Petugas Jasa Marga saat memberhentikan kendaraan yang bermuatan melebihi kapasitas.

JAKARTA-RADAR BOGOR, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan kesiapannya untuk mendukung pembatasan operasional angkutan barang yang mulai berlaku pada Rabu, 7 Februari 2024, pukul 16.00, hingga hari Minggu, 11 Februari 2024, pukul 24.00, di beberapa ruas jalan tol Jasa Marga Group.

Baca Juga: Kecewa dengan Pemerintahan Jokowi, Puluhan Mahasiswa Unpak Bogor Gelar Demonstrasi di Depan Gedung Rektorat

Pembatasan ini diberlakukan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kakorlantas Polri, dan Direktur Jenderal Bina Marga Nomor: KP-DRJD 623 Tahun 2024, Nomor: SKB/21/I/2024, serta Nomor: 21/KPTS/DB/2024 Tanggal 30 Januari 2024, yang mengatur lalu lintas selama masa libur panjang Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili Tahun 2024.

Dalam SKB tersebut, beberapa langkah diambil, seperti pembatasan operasional angkutan barang terhadap kendaraan mobil barang dengan Jumlah Berat yang Diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kilogram. Pembatasan juga mencakup mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, mobil barang dengan kereta gandengan, dan mobil barang untuk pengangkutan tanah, pasir, batu, hasil tambang, atau bahan bangunan, serta penetapan sistem contraflow.

Baca Juga: Soal Kritik Ahok, Airlangga Sebut Jadi Saksi Kerja Nyata Jokowi

Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, menyatakan komitmen perusahaan untuk mendukung implementasi SKB guna menjamin keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan. Pada hari pertama pembatasan angkutan barang, tercatat penurunan 30 persen dalam jumlah kendaraan angkutan barang dibandingkan dengan hari biasa.

Lisye menegaskan pentingnya kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas untuk menjamin keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran arus lalu lintas.

Lebih lengkap berikut ini, sejumlah ruas jalan tol Jasa Marga Group yang menerapkan pembatasan angkutan barang selama libur panjang Isra Miraj – Imlek:

  1. DKI Jakarta – Banten: Jakarta – Tangerang
  2. DKI Jakarta:
    a) Prof. DR. Ir. Sedyatmo;
    b) Jakarta Outer Ring Road (JORR); dan
    c) Dalam Kota Jakarta
  3. DKI Jakarta dan Jawa Barat:
    a) Jakarta – Bogor – Ciawi dan
    b) Jakarta – Cikampek.
  4. Jawa Barat:
    a) Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Cileunyi.
  5. Jawa Tengah:
    a) Batang – Semarang;
    b) Krapyak – Jatingaleh, (Semarang);
    c) Jatingaleh – Srondol, (Semarang);
    d) Jatingaleh – Muktiharjo, (Semarang) dan
    e) Semarang – Solo – Ngawi.
  6. Jawa Timur:
    a) Ngawi – Kertosono – Mojokerto – Surabaya – Gempol – Pasuruan dan
    b) Pandaan – Malang.(jpg/farid-pkl)

Editor: Yosep