25 radar bogor

Pertarungan Ambisi Qatar dan Harapan Sejarah Yordania

Yordania vs Qatar akan bertemu dibabak Final Piala Asia 2023. (sumber: x @afcasiancup)

BOGOR-RADAR BOGOR, Tuan rumah Qatar bersiap untuk menyajikan pertandingan final Piala Asia 2023 yang menegangkan saat mereka akan menghadapi Yordania dalam perebutan gelar. Gelaran ini hampir mencapai puncaknya, dan sepanjang turnamen ini telah menyuguhkan berbagai kejutan dan kisah menarik, di mana negara-negara favorit juara telah tersingkir di babak gugur.

Baca Juga: Rekor Pertemuan Timnas Indonesia Lawan Australia, Sekali Menang 32 Kebobolan

Sebagai juara bertahan, Qatar berambisi meraih gelar keduanya secara berturut-turut setelah prestasi spektakuler mereka pada edisi sebelumnya pada tahun 2019. Di sisi lain, Yordania berharap untuk menciptakan sejarah dengan meraih gelar Piala Asia pertamanya. Tim yang dikenal sebagai The Chivalrous ini mencapai final Piala Asia untuk pertama kalinya setelah sebelumnya tidak pernah melangkah lebih jauh dari perempat final dalam empat penampilan terakhir di kompetisi ini.

Dalam semifinal yang digelar di Al Thumama Stadium pada Rabu (7/2), Qatar berhasil melaju ke final setelah mengalahkan Iran, yang sebelumnya telah meraih gelar Piala Asia sebanyak tiga kali dan belum pernah terkalahkan dalam 10 pertemuan terakhir dengan the Maroons. Qatar memenangkan pertandingan tersebut dengan skor tipis 3-2, di mana Almoez Ali mencetak gol penentu jelang akhir laga. Kartu merah yang diterima oleh Shoja Khalilzadeh pada menit 90+3′ memperparah ketertinggalan Iran, dan mereka harus puas dengan kekalahan tersebut.

Baca Juga: Jaring Aspirasi lewat Trofeo Sepak Bola, Gelora Kota Bogor Pasang Target Ini

Sementara itu, pada laga semifinal sehari sebelumnya di Ahmed bin Ali Stadium, Yordania mengejutkan dengan melaju ke final setelah mengalahkan juara favorit Korea Selatan dengan skor 2-0. Pertahanan kokoh Yordania berhasil mengatasi segala upaya comeback Korea Selatan, membuat mereka gagal menciptakan tembakan ke gawang Yordania.

Kemenangan kedua tim ini di babak semifinal mengantar mereka ke pertemuan krusial dalam Final Piala Asia 2023. Pertandingan puncak ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 10 Februari 2024, pukul 22.00 WIB di Lusail Stadium, Qatar. Selamat menantikan duel seru antara Yordania dan Qatar dalam perebutan gelar prestisius ini.(jpg/farid-pkl)

Editor: Yosep