25 radar bogor

Kaesang Siapkan Aplikasi Kinerja Anggota PSI Terpilih Jadi Wakil Rakyat

JAKARTA-RADAR BOGOR, Untuk menyerap aspirasi masyarakat, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyiapkan aplikasi yang akan memantau kinerja para kader partainya yang menduduki kursi sebagai wakil rakyat.

Bahkan putra bungsu Presiden Jokowi ini mengultimatum anggotanya yang terpilih sebagai anggota DPR RI dan DPRD, akan diganti jika tidak merespon aspirasi masyarakat.

Inovasi ini ia sampaikan untuk menanggapi saran dari salah satu peserta dialog saat bertemu tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, Kamis (08/02).

“Sebenarnya saya dari hati juga enggak mungkin mau mengganti teman-teman (kader PSI), tapi balik lagi jika enggak bisa menyerap aspirasi, tidak bisa bekerja untuk masyarakat, untuk apa mereka menjadi anggota dewan?” kata Kaesang.

Lebih lanjut, Kaesang menambahkan, melalui aplikasi itu kader PSI yang menjadi anggota DPR ataupun DPRD diwajibkan mengumpulkan tugas harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

Selanjutnya, mereka juga harus melaporkan penerimaan audiensi atau penyerapan aspirasi dari masyarakat.

Setelah itu, kader-kader PSI yang menjadi anggota DPR dan DPRD akan memperoleh skor bergantung pada hasil pelaporan yang dilakukan.

“Kalau teman-teman dari PSI ini enggak menerima aspirasi masyarakat, skor mereka akan turun. Ketika skor mereka turun terus, mereka langsung diganti,” tutur Kaesang.

Sebelumnya, elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diberbagai hasil survei terbaru merangsek naik.

Bahkan hasil sigi teranyar milik Data Riset Analitika, tingkat keterpilihan PSI melambung hingga menembus ambang batas parlemen.

Direktur Eksekutif Data Riset Analitika Nana Kardina, dalam keterangan persnya mengatakan, elektabilitas partai yang kini digawangi putera bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, mencapai 4,3 persen. (*)

Editor : Yosep