25 radar bogor

Gempa Tektonik Guncang Sukabumi, Segini Kekuatannya

illustrasi gempa guncang Sukabumi
illustrasi gempa

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, pada Kamis (8/2/2024) dini hair pukul 01:31 WIB.

Baca Juga : Gempa Bumi Besar Magnitudo 7,0 Guncang Sulawesi Utara

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 7.64 LS dan 106.91 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km BaratDaya Kota Sukabumi pada kedalaman 29 km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto, mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Bawah Laut.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan di wilayah Sukabui sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ujar Hartanto dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga : Tembus 62 Orang, Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa Bumi Jepang Terus Bertambah

Hingga pukul 01:55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. “Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” katanya. (*)

Editor : Yosep