25 radar bogor

Diduga Ada Mobilisasi Pemilih Ilegal di Bogor, Ngaku Mahasiswa Pindah TPS

Ilustrasi kecurangan pemilu modus mobilisasi pemilih ilegal.
Ilustrasi kecurangan pemilu modus mobilisasi pemilih ilegal.

BOGOR-RADAR BOGOR, Jelang pentas Pemilu 2024 pada Rabu 14 Februari, aksi-aksi kecurangan mulai bermunculan. Salah satunya, dugaan adanya mobilisasi pemilih ilegal dengan modus pindah TPS di Bogor.

Baca Juga : BAWASLU Terima 400 Dugaan Pelanggaran Pemilu dari TPN Ganjar

Dugaan mobilisasi pemilih ilegal itu diungkapkan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Berdasarkan informasi yang diterima TKN, dugaan mobolisasi pemilih ilegal itu terjadi saat puluhan pemuda berbadan tegap dan berambut cepak mengaku mahasiswa yang sedang melakukan penelitian di Bogor.

“Mereka mengajukan pindah TPS tetapi dengan dokumen yang janggal,” kata Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Habiburokhman dalam konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2024) malam.

Orang yang mengaku mahasiswa tersebut membawa surat tugas penelitian di Kabupaten Bogor. Sedianya surat keterangan penelitian tersebut harus dibarengi dengan ijin dari Kesbangpol.

“Mahasiswa tersebut tidak ada surat ijin penelitian dari Kesbangpol. Selain itu surat yang mereka bawa tidak ditandatangani dengan tandatangan basah namun hanya seperti stempel,” terang Habiburokhman.

Dalam kesempatan itu, Habiburokhman mengapresiasi Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) di Bogor yang secara tegas tidak mengabulkan permintaan orang-orang tersebut. Sebab, tindakan pelaku bisa menggelembungkan suara pemilih.

Baca Juga : Lebih dari 180 ASN Terbukti Melanggar Aturan Pemilu 2024

“Kami khawatir bahwa mereka adalah oknum yang sengaja dimobilisasi untuk melakukan pemilihan secara ilegal. Modus mobilisasi pemilih ilegal ini sangat bahaya karena akan mennggelembungkan jumlah pemilih dan menguntungkan paslon tertentu,” jelasnya.

Atas temuan dugaan mobilisasi pemilih ilegal ini, Habiburokhman meminta penyelengara pemilu dalam hal ini Bawaslu untuk pro aktif menindaklanjuti. (net)

Editor : Yosep