25 radar bogor

Punya Peran Krusial, Caleg DPRD Jabar Ini Minta KPPS Bekerja dengan Ikhlas

Prasetyawati soal KPPS
Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat nomor urut 2 dari Partai Gerindra Kabupaten Bogor, Prasetyawati.

BOGOR-RADAR BOGOR, Seorang petugas KPPS dinilai memiliki peran krusial dalam pentas Pemilu, sehingga mereka harus bekerja dengan semangat ikhlas dan kesehatan optimal.

Baca Juga : Keteladanan Ibu di Masa Pandemi Menurut Anggota DPRD Jabar Prasetyawati 

Hal itu diutarakan Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat nomor urut 2 dari Partai Gerindra Kabupaten Bogor, Prasetyawati.

Menurutnya, tujuan utama KPPS adalah menyukseskan Pemilu 2024 serta menghormati nilai kejujuran dalam momentum pesta demokrasi bagi negara.

“Panwaslu, KPPS, PPS, dan PTPS memiliki peran krusial. Meski tugas di wilayah mungkin tidak mudah, mereka harus bekerja dengan teliti untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya Prasetyawati.

Masih, kata Prasetyawati, tugas anggota KPPS melibatkan persiapan surat suara, pengawasan pembukaan, pengecekan keabsahan surat suara, dan pencatatan jumlah pemilih, serta sertifikat hasil perhitungan suara menggunakan formulir Model C1-KWK.

Mereka juga bertanggung jawab menerima pemilih, memeriksa Model C6 pemberitahuan yang dibawa pemilih dengan DPT, DPTb, atau DPK.

Sebagai kelompok sementara yang dibentuk oleh PPS atas nama KPU Kabupaten/Kota, KPPS ditugaskan untuk melakukan pemungutan suara dan penghitungan pada pemilihan anggota Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD.

“Adapun anggota KPPS lainnya mencatat hasil penelitian terhadap setiap lembar surat suara yang diumumkan oleh ketua menggunakan formulir catatan hasil perhitungan suara,” tambahnya. (*)

Editor : Yosep