25 radar bogor

Peringatan Dini BMKG, Waspada Hujan Lebat Melanda Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Ilustrasi citra satelit potensi hujan lebat
Ilustrasi citra satelit potensi hujan lebat

JAKARTA-RADAR BOGOR, Hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir dan angin, berpotensi melanda sebagian besar wilayah di Indonesia.

Baca Juga : BMKG Memperkirakan Bahwa Mayoritas Kota Besar di Indonesia akan Diguyur Hujan Ringan dalam Waktu Dekat

Hal itu berdasarkan peringatan dini cuaca dari BMKG pada Rabu (7/2/2024). Dimana, hujan deras diprakirakan turun di wilayah di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung. Selanjutnya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Jogjakarta dan Jawa Timur.

Hujan lebat dengan intensitas tinggi juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan.

Kondisi serupa terjadi di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, serta Papua.

Sedangkan, untuk wilayah DKI Jakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Barat berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Sementara, beberapa kota besar lain memiliki potensi mengalami hujan lebat disertai petir termasuk Jambi, Surabaya, Samarinda, dan Tarakan. Hujan sedang diprakirakan terjadi di Kota Jogjakarta, Bandung, Ambon, dan Makassar.

BMKG juga memperingatkan sejumlah provinsi dalam kategori waspada akibat dampak hujan pada hari ini Rabu (7/2/2024). Yakni Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Jogjakarta, Jawa timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga : BMKG: Prediksi Hujan Sepanjang Hari di DKI Jakarta

Khusus DKI Jakarta, hujan ringan diprakirakan turun di wilayah Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu pada siang hari ini. Dengan wilayah lain akan menikmati cuaca berawan atau cerah berawan.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memperingatkan curah hujan tinggi yang berpotensi terjadi pada Januari-Maret. (jpg)

Editor : Yosep